STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI DAMPAK NEGATIF BERMAIN GAME ONLINE PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 LAROMPONG

Hasan, Hasriani (2023) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI DAMPAK NEGATIF BERMAIN GAME ONLINE PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 LAROMPONG. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of SKRIPSI HASRIANI HASAN.pdf] Text
SKRIPSI HASRIANI HASAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK
Hasriani Hasan, 2023. “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam
Mengatasi Dampak Negatif Bermain Game Online Pada Siswa
Kelas VIII di SMP Negeri 1 Larompong”. Skripsi Program Studi
Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh: Dr. H.
Hasbi, M.Ag., dan Pertiwi Kamariah Hasis, S.Pd., M.Pd
Penelitian ini membahas tentang Strategi Guru Pendidikan Agama
Islam dalam Mengatasi Dampak Negatif Bermain Game Online di SMP Negeri 1
Larompong. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan faktor-faktor
yang menyebabkan kecanduan bermain game online di SMP Negeri 1
Larompong, 2) Untuk mengetahui dampak negatif bermain game online pada
siswa kelas VIII A di SMP Negeri 1 Larompong, 3) Untuk mendeskripsikan
strategi guru pendidikan agama islam dalam mengatasi dampak negatif bermain
game online.
Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian fenomenologi
dengan jenis penelitan kualitatif. Lokasi penelitian di SMP Negeri 1 Larompong
dan waktu penelitian dilaksanakan mulai tanggal 03 April sampai 03 Mei 2023.
subjek penelitian yaitu: Guru Pendidikan Agama Islam, kepala sekolah, guru
bimbingan konseling dan siswa. Data diperoleh dari hasil wawancara,
observasi,dan dokumentasi. Teknik analisi data yaitu reduksi data, penyajian data
dan penarikan kesimpulan.
Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Faktor-faktor yang
menyebabkan kecanduan bermain game online di SMP Negeri 1 larompong terdiri
dari beberapa faktor, Faktor lingkungan, Faktor hubungan sosial, Kurang kontrol
dari orang tua (memberi fasilitas untuk bermain game online), Rasa bosan yang
dirasakan, Kurangnya tingkat pemahaman spritual. (2) Dampak negatif bermain
game online pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Larompong, yaitu Membuat
performa akademik menurun (minat dan keatifan dalam belajar), Terjadi
perubahan pada sikap dan moral (kasar kepada teman, berkata kotor, tidak bertata
krama, sering bolos dan malas), Melanggar peraturan sekolah (membawa
handphone ke sekolah). (3) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam
mengatasi dampak negatif bermain game online di SMP Negeri 1 Larompong,
yaitu menggunakan pendekatan persuasif, menggunakan metode ceramah,
memberikan banyak tugas, melakukan kegiataan keagamaan (shalat berjamaah
dan mengaji bersama), inspeksi dadakan, pemberian hukuman (pengambilan
handphone, lari keliling lapangan dan pemanggilan orang tua ke sekolah),
melakukan pembinaan (nasehat dan motivasi), memberikan pembiasaan.
Kata Kunci: Strategi, Guru Pendidikan Agama Islam, Game Online

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 297.77 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
200 Agama > 2X7.39598 Pendidikan Agama Islam di Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 01 Nov 2023 00:54
Last Modified: 01 Nov 2023 00:54
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7503

Actions (login required)

View Item View Item