PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS GERLACH AND ELY PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMK NEGERI 2 PALOPO

Monalisa, Monalisa (2018) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS GERLACH AND ELY PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMK NEGERI 2 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of MONALISA.pdf] Text
MONALISA.pdf

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK
Monalisa, 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis
Gerlach and Ely pada Peserta Didik Kelas XI SMK Negeri 2 Palopo.
Skripsi program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu
Keguruan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo. Dibimbing oleh
Nur Rahmah, S.Pd.I., M.Pd. dan Rosdiana, S.T., M.Kom.
Kata Kunci: Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Gerlach and Ely
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran prosedur
pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Gerlach and Ely, serta untuk
mengetahui apakah perangkat pembelajaran berbasis Gerlach and Ely pada
peserta didik kelas XI SMKN 2 Palopo memenuhi kriteria valid dan praktis.
Penelitian ini menggunakan model Gerlach and Ely yang terdiri atas
sepuluh tahap yaitu: (1) Merumuskan tujuan pembelajaran, (2) Menentukan isi
materi, (3) Penilaian kemampuan awal peserta didik, (4) Menentukan teknik dan
strategi, (5) Pengelompokkan belajar, (6) Menentukan pembagian waktu, (7)
Menentukan ruangan, (8) Memilih media, (9) Mengevaluasi hasil belajar, (10)
Menganalisis umpan balik. Sepuluh tahap ini terealisasikan dalam produk yang
dihasilkan. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI
jurusan gambar SMK Negeri 2 Palopo yang berjumlah 26 orang. Produk dari
perangkat pembelajaran yang dikembangkan diuji coba sebanyak tiga kali, dengan
pelaksanaannya hanya pada uji coba terbatas. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah dengan menggunakan RPP, LKS, lembar observasi aktivitas
peserta didik, dan penyebaran angket untuk mengetahui respon peserta didik. Data
yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh perangkat pembelajaran (RPP
dan LKS) yang valid melalui analisis validitas dan reliabilitas. Hasil analisis
validitas untuk RPP sebesar 0,71 dan hasil analisis reliabilitasnya sebesar 0,75
sedangkan hasil analisis validitas untuk LKS sebesar 0,67 dan hasil analisis
reliabilitasnya sebesar 0,75. Hal ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran
(RPP dan LKS) yang dikembangkan memenuhi kriteria valid. Praktisnya
perangkat pembelajaran dianalisis berdasarkan evaluasi hasil belajar peserta didik,
lembar observasi aktivitas peserta didik dan angket respon peserta didik setelah uji
coba dilakukan. Pada rekapitulasi hasil penilaian uji coba RPP dan LKS
didapatkan nilai rata-rata-rata pada uji coba I sebesar 18,64 dengan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 26 Aug 2019 00:57
Last Modified: 25 May 2023 01:10
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/751

Actions (login required)

View Item View Item