PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI PADA MATERI PERISTIWA ALAM DI KELAS V SDN 39 KAMBO

Astuti, Widiyanti (2023) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI PADA MATERI PERISTIWA ALAM DI KELAS V SDN 39 KAMBO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of Widiyanti Astuti.pdf] Text
Widiyanti Astuti.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Widiyanti Astuti, 2023 “Pengembangan Media Video Animasi pada Materi
Peristiwa Alam di Kelas V SDN 39 Kambo” pada Fakultas Tarbiyah dan
Ilmu Keguruan, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah di
bimbing oleh Bapak Muhammad Guntur, selaku pembimbing utama dan
Bapak Hisbullah selaku pembimbing kedua.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan media pembelajaran berupa
video sangat efektif untuk mengembangkan aspek kognitif anak dan mempermudah
guru dalam penyampaian materi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui kebutuhan pengembangan media video animasi pada
materi peristiwa alam, untuk mengetahui rancangan pengembangan media video
animasi pada materi peristiwa alam dan untuk mengetahui validitas hasil
pengembangan media video animasi pada materi peristiwa alam di Kelas V SDN
39 Kambo.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian dan pengembangan,
yang lebih dikenal dengan istilah Research & Developmen (R&D). Model
pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model ADDIE. Subjek
dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 39 Kambo Tahun Ajaran 2021/2022
yang berjumlah 20 orang siswa. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah mix
method.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pengembangan yang
digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE dengan
tahapan diantaranya analisis yang mana pada observasi awal siswa masih belum
maksimal dalam belajar sehingga peneliti mencoba mengembangkan sebuah
produk berupa video animasi yang di desaign menggunakan applikasi atau software
yang berpacu pada silabus dan RPP pembelajaran. Development atau tahapan
produksi dengan berpedoman pada rancangan tampilan yang telah di buat
sebelumnya yang telah lulus uji validasi. Peneliti menerapkan Implementation
yakni tahapan uji coba produk, dengan penerapan secara langsung pada proses
pembelajaran. Evalution yakni melakukan pretest dengan nilai 50% dan posttest
dengan nilai 82,5% untuk melihat tingkat keberhasilan dari pengembangan media
pembelajaran video animasi mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) materi
Bencana Alam. Respon peserta didik dalam penggunaan media pembelajaran
berbasis pemrosesan informasi melalui video animasi pada pembelajaran IPA di SD
Negeri 39 Kambo berdasarkan Persentase dari aspek format dan isi materi berada
pada kategori sangat baik. Hal ini diartikan bahwa produk media pembelajaran yang
dibuat telah sesuai dengan tujuan yang akan dicapai dan siswa juga mampu
menangkap serta mudah memahami materi yang diberikan. Respon kelayakan
validasi terhadap pengembangan media pembelajaran berbasis pemrosesan
informasi melalui video animasi pada pembelajaran IPA di SD Negeri 39 Kambo
cukup baik berdasarkan hasil penelitian dilakukan oleh ahli materi, materi atau
video yang terdapat dalam produk ini dinyatakan valid dan dapat diujikan untuk
menilai kelayakannya didalam proses pembelajaran.
Kata Kunci : Media Video Animasi, Peristiwa Alam.

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 01 Nov 2023 01:41
Last Modified: 01 Nov 2023 01:41
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7511

Actions (login required)

View Item View Item