PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK SELAMA MASA PANDEMI DI MIN 4 LUWU

SADRIANI, SADRIANI (2023) PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK SELAMA MASA PANDEMI DI MIN 4 LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of SADRIANI.pdf] Text
SADRIANI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Sadriani, 2023. “Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Motivasi Belajar
Peserta Didik selama Masa Pandemi di MIN 4 Luwu”. Skripsi Program
Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo. Dibimbing Oleh
Hj. Salmilah dan Sukmawaty
Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Motivasi
Belajar Siswa selama Masa Pandemi di MIN 4 Luwu. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan pembelajaran daring selama masa
pandemi dan mengetahui pengaruh pembelajaran daring terhadap motivasi belajar
siswa selama masa pandemi di MIN 4 Luwu. Jenis penelitian ini yaitu penelitian
kuantitatif dengan desain ex-post facto yang bersifat korelasional. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di MIN 4 Luwu, yang berjumlah 25
siswa. Pengambilan sampel semua anggota populasi digunakan sebagai sampel.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil untuk motivasi belajar yaitu
terdapat 4% peserta didik dengan kategori sangat rendah, 40% peserta didik
dengan kategori sedang dan 56% peserta didik dengan kategori tinggi. Frekuensi
terbanyak dalam penelitian ini adalah 56% siswa memiliki motivasi belajar
dengan kategori sedang. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan dalam
motivasi belajar siswa kelas IV di MIN 4 Luwu meskipun dalam keadaan
pandemi. Faktor yang mempengaruhi meningkatnya motivasi belajar siswa kelas
IV di MIN 4 Luwu selama masa pandemi antara lain 52% peserta didik memiliki
ketekunan dalam belajar, 44% peserta didik ulet dalam menghadapi kesulitan,
52% peserta didik memiliki minat dan ketajaman perhatian dalam belajar, 44%
peserta didik berprestasi dalam belajar serta 56% peserta didik dapat mandiri
dalam belajar.
Kata Kunci : Pelaksanaan Pembelajaran Daring, Motivasi Belajar Peserta Didik

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 01 Nov 2023 01:59
Last Modified: 01 Nov 2023 01:59
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7513

Actions (login required)

View Item View Item