PERAN PENGAWASAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN GURU DI SMAN 4 PALOPO

Khatima, Husnul (2023) PERAN PENGAWASAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN GURU DI SMAN 4 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of Husnul Khatima.pdf] Text
Husnul Khatima.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Husnul Khatima., 2023.“Peran Pengawasan Kepala Sekolah Dalam
Meningkatkan Kedisiplinan Guru Di SMAN 4 Palopo”.Skripsi Program Studi
Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut
Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing Oleh H. M. Arief R. dan Firman
Patawari.
Skripsi ini membahas tentang Peran pengawasan kepala sekolah dalam
meningkatkan kedisiplinan guru di SMAN 4 Palopo. Penelitian ini bertujuan:
Untuk mengetahui bagaimana peran pengawas kepala sekolah dalam
meningkatkan kedisiplinan guru di SMAN 4 Palopo; Untuk mengetahui
bagaimana kedisiplinan guru di SMAN 4 Palopo; Untuk mengetahui hambatan
kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan guru di SMAN 4 Palopo.
Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data yang
diperoleh melalui dua sumber, yaitu data primer dan data sekunder. Data primer
yang diperoleh dengan wawancara langsung dengan guru dan staff serta kepala
sekolah. Sedangkan data sekunder diperoleh dari sumber lain yang berkaitan
dengan penelitian, data ini diperoleh dari buku maupun sumber lainnya.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diperoleh jawaban atas permasalahan yang
ada dan menarik kesimpulan ialah: 1) Pengawasan Kepala Sekolah terhadap
peningkatan disiplin guru yaitu upaya Peran pengawasan kepala sekolah dalam
meningkatkan disiplin guru. Kepala sekolah SMAN 4 Palopo melakukan
pengawasan setiap hari untuk menjamin kedisiplinan guru, memeriksa partisipasi
dan juga segera mengambil tindakan terhadap guru yang mengabaikan pedoman
dalam sekolah. 2) Disiplin guru di SMAN 4 Palopo memiliki tiga sudut yaitu
ketelitian, bekerja secara efektif dan mengikuti pedoman dan standar yang
berlaku. Perspektif tersebut dapat dilakukan dengan baik oleh tenaga keguruan
SMAN 4 Palopo. 3) Hambatan dalam melaksanakan peningkatan kedisiplinan
guru di SMAN 4 Palopo adalah setiap kegiatan tidak terlepas dari hambatan,
berdasarkan hasil penelitian, satu-satunya kendala tersebut adalah karena jarak
rumah guru dan sekolah yang sangat jauh sehingga instruktur datang ke kelas
agak telat, namun tidak ada instruktur yang telat masuk ke kelas kecuali dengan
adanya urusan yang mendadak terjadi.
Kata Kunci: Peningkatan Pengawasan, Kedisiplinan, SMAN 4 Palopo.

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 01 Nov 2023 02:17
Last Modified: 01 Nov 2023 02:17
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7516

Actions (login required)

View Item View Item