PENGARUH PENGETAHUAN PRODUK, PROMOSI, RELIGIUSITAS TERHADAP MINAT MASYARAKAT MENJADI NASABAH BSI (Studi Masyarakat Kelurahan Padang Lambe)

DESI, DESI (2023) PENGARUH PENGETAHUAN PRODUK, PROMOSI, RELIGIUSITAS TERHADAP MINAT MASYARAKAT MENJADI NASABAH BSI (Studi Masyarakat Kelurahan Padang Lambe). Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of DESI.pdf] Text
DESI.pdf

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK
Desi 2023, ―Pengaruh Pengetahuan produk, Promosi, Religiusitas Terhadap
Minat Masyarakat Menjadi Nasabah BSI (Studi Masyarakat
Kelurahan Padang Lambe)” Skripsi Program Studi Perbankan
Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam
Negeri Palopo. Dibimbing oleh Muh. Rasbi
Penelitian ini bertujuan: Untuk membuktikan apakah pengetahuan berpengaruh
terhadap minat masyarakat menjadi nasabah BSI; Untuk membuktikan apakah
promosi berpengaruh terhadap minat masyarakat menjadi nasabah BSI; Untuk
membuktikan apakah religiusitas berpengaruh terhadap minat masyarakat menjadi
nasabah BSI; Untuk membuktikan apakah pengetahuan produk, promosi,
religiusitas berpengaruh secara simultan terhadap minat masyarakat menjadi
nasabah BSI. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan
teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini
yaitu masyarakat Kelurahan Padang Lambe sebanyak 1.444 jiwa. Pengambilan
jumlah sampel menggunakan teknik rumus slovin menjadi 94 jiwa. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa; variabel pengetahuan produk (X1)
berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat (Y) dimana thitung 3,160 >
1,986 dan nilai signifikansi 0,000<0,05. Variabel Promosi (X2) berpengaruh
positif dan signifiikan terhadap minat Menjadi nasabah BSI (Y) dimana nilai
thitung 2,919 > ttabel 1.986 dan nilai signifikansi 0,000<0,05. Variabel
Religiusitas (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat (Y) menjadi
nasabah BSI dan nilai signifikansi 0,001<0,05. Variabel pengetahuan produk(X1)
promosi (X2), religiusitas (X3) berpengaruh secara simultan dan signifikan
terhadap minat masyarakat menjadi nasabah BSI (Y) dimana nilai Fhitung
13,983>Ftabel 2,317. Nilai R Square pada koefisien determinasi sebesar 0,318,
hal ini berarti bahwa pengaruh pengetahuan produk, promosi, religiusitas terhadap
minat masyarakat menjadi nasabah BSI adalah sebesar 31,8% sisanya 68,2%
dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Kata Kunci: Pengetahuan produk, Promosi, Religiusitas, Minat

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 332.1 Bank, Perbankan
300 Ilmu sosial > 346.08 Hukum Bank, Hukum Perbankan dan Hukum Asuransi
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Perbankan Syariah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 01 Nov 2023 05:51
Last Modified: 28 Dec 2023 02:17
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7525

Actions (login required)

View Item View Item