ETIKA KOMUNIKASI PEMASARAN PADA USAHA WANUA COFFEE ROESTERY DI BELOPA DALAM MENGGUNAKAN SOSIAL MEDIA

RAHMADANI, RAHMADANI (2023) ETIKA KOMUNIKASI PEMASARAN PADA USAHA WANUA COFFEE ROESTERY DI BELOPA DALAM MENGGUNAKAN SOSIAL MEDIA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of RAHMADANI. Copy.PDF] Text
RAHMADANI. Copy.PDF

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK
Rahmadani, 2023. “Etika Komunikasi Pemasaran Pada Usaha Wanua Coffee
Roestery Di Belopa Dalam Menggunakan Sosial Media”.
Skripsi Program Studi Manajemen Bisnis Syariah, Fakultas
Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri
Palopo. Dibimbing oleh Ilham, S.Ag., M.A.
Etika sangat berpengaruh terhadap usaha kopi milik bapak Buhari Akib
dengan memanfaatkan sosial media sebagai acuan untuk menjual kopi milik pak
akib. Sosial media seakan menjadi tempat menumpahkan segala aktivitas yang
sudah di sampaikan dengan beragam etika yang ada. Hal ini terlihat dari akun
pribadi milik bapak Buhari Akib dalam berkomunikasi yang kurang merespon
pembeli. Adapun etika baik yang dimilik oleh pemilik usaha (Buhari Akib) dalam
menggunakan sosial media yaitu tidak menggunakan kata kasar dan sudah
memiliki sertifikat halal senter yang sesuai dengan syari’at islam.
Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif netnografi
adapun subjek penelitian ini yaitu media WhatsApp, Facebook, Instagram.
Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi, adapun metode
analisis data yang digunakan yaitu produksi data, penyajian data dan verifikasi
data.
Hasil dari penilitan ini terdapat dua etika pemasaran yaitu etika pemasaran
yang (negatif) dan etika pemasaran yang (positif). Pada penelitian etika pemasaran
yang tidak etis (negatif) terdapat kurang merespon pembeli (slow respon).
Sedangkan penelitian etika pemasaran etis (positif) didalamnya ada etika jujur,
amanah.
Kata Kunci: Etika Bisnis, Komunikasi Pemasaran, Sosial Media.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658 Manajemen Umum
600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658.81 Manajemen Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 01 Nov 2023 06:08
Last Modified: 26 Jan 2024 01:58
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7527

Actions (login required)

View Item View Item