PENGARUH LIFESTYLE, LINGKUNGAN SOSIAL DAN PENGETAHUAN TERHADAP MINAT GENERASI MILENIAL MENGGUNAKAN PRODUK PERBANKAN SYARIAH DI KOTA PALOPO

NINGSI, LOLA SETIA (2023) PENGARUH LIFESTYLE, LINGKUNGAN SOSIAL DAN PENGETAHUAN TERHADAP MINAT GENERASI MILENIAL MENGGUNAKAN PRODUK PERBANKAN SYARIAH DI KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of LOLA SETIA NINGSIH.PDF] Text
LOLA SETIA NINGSIH.PDF

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Lola Setia Ningsi, 2023, “Pengaruh Lifestyle, Lingkungan Sosial, dan
Pengetahuan terhdapat Minat Generasi Milenial Menggunakan Produk
Perbankan Syariah di Kota Palopo”. Skripsi Program Studi Perbankan
Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam
Negeri Palopo. Dibimbing Oleh Dr. Ahmad Syarif Iskandar, S.E., M.M
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Lifestyle, Lingkungan Sosial,
dan Pengetahuan berpengaruh terhadap minat generasi milenial menggunakan
produk perbankan syariah di Kota Palopo. Penelitian ini menggunakan jenis
penelitian kuantitatif dengan populasi Nasabah bank syariah yang berjumlah
20.000 orang dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden menggunakan
rumus slovin, dengan pengumpulan data dengan membagikan angket atau
Kuesioner. Metode penelitian yang digunakan yaitu analisis regresi berganda
dengan bantuan software SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
Pertama, variabel lifestyle secara parsial berpengaruh positif dan signifikan
terhadap minat generasi milenial menggunkan produk bank syariah di Kota
Palopo. Kedua, variabel lingkungan sosial secara parsial berpengaruh positif dan
signifikan terhadap minat generasi milenial menggunakan produk bank syariah di
Kota Palopo. Ketiga, variabel pengetahuan secara parsial berpengaruh positif dan
signifikan terhadap minat generasi milenial menggunakan produk bank syariah di
Kota Palopo. Keempat, variabel lifestyle, lingkungan sosial dan pengetahuan
secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat generasi milenial
menggunakan produk bank syariah di Kota Palopo. Dimana hasil dari Adjuster
Rsquare sebesar 0,746 atau 74,6% menunjukkan variabel Minat menggunakan
produk dipengaruhi oleh ketiga variabel independen yang digunakan dalam
penelitian ini, sedangkan sisanya sebesar 0,254 atau 25,4% dijelaskan oleh
variabel-variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.
Kata kunci: Lifestyle, Lingkungan sosial, Pengetahuan, dan Minat

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 332.1 Bank, Perbankan
300 Ilmu sosial > 346.08 Hukum Bank, Hukum Perbankan dan Hukum Asuransi
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Perbankan Syariah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 01 Nov 2023 06:50
Last Modified: 29 Dec 2023 02:11
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7537

Actions (login required)

View Item View Item