IMPLEMENTASI ETIKA PEMASARAN ISLAM PADA PEMASARAN PRODUK TABUNGAN IB HIJRAH DI BANK MUAMALAT KOTA PALOPO

PUTRI, VIOLA APRILIA (2023) IMPLEMENTASI ETIKA PEMASARAN ISLAM PADA PEMASARAN PRODUK TABUNGAN IB HIJRAH DI BANK MUAMALAT KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of VIOLA APRILIA PUTRI.PDF] Text
VIOLA APRILIA PUTRI.PDF

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Viola Aprilia Putri, 2023. “Implementasi Etika Pemasaran Islam pada
Pemasaran Produk Tabungan iB Hijrah di Bank Muamalat Kota Palopo”.
Skripsi Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Islam Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh M. Ikhsan
Purnama.
Skripsi ini membahas tentang Implementasi Etika Pemasaran Islam pada
Pemasaran Produk Tabungan iB Hijrah di Bank Muamalat Kota Palopo. Permasalahan utama dalam penelitian ini untuk mengetahui bagaimana
implementasi etika pemasaran Islam pada pemasaran produk tabungan iB Hijrah
di Bank Muamalat Kota Palopo serta faktor yang memengaruhi penerapan etika
pemasaran Islam di Bank Muamalat Kota Palopo. Jenis penelitian yang digunakan
yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian adalah
karyawan Bank Muamalat Kota Palopo bagian pemasaran dan nasabah yang
menggunakan produk tabungan iB Hijrah. Sumber data penelitian didapatkan dari
data primer dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.
Instrumen penelitian atau alat yang digunakan dalam mengambil data yaitu
pedoman wawancara, handphone dan kamera. Teknik analisis data yang
digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari
penelitian dapat diketahui bahwa implementasi etika pemasaran Islam pada
pemasaran produk tabungan iB Hijrah di Bank Muamalat Kota Palopo dilakukan
berdasarkan dari aspek nilai etika pemasaran Islam yang terdiri dari jujur, cerdas
dan bijaksana, dapat dipercaya, serta komunikatif. Dan dari aspek standar etika
pemasaran Islam yang terdiri dari spiritual, simpatik dan bersikap melayani.
Dalam hal ini kedua aspek tersebut telah diterapkan dengan baik dan juga sesuai
dengan yang dirasakan oleh nasabah pengguna produk tabungan iB Hijrah, di
mana digunakan untuk menciptakan hubungan yang baik kepada nasabah dengan
memberikan informasi yang jujur mengenai produk tabungan iB Hijrah, juga
memberikan solusi yang bijaksana secara komunikatif dalam memenuhi
kebutuhan nasabah serta memberikan pelayanan terbaik dalam pemasaran dengan
bertanggung jawab dan profesional. Faktor yang memengaruhi penerapan etika
pemasaran Islam di Bank Muamalat Kota Palopo dipengaruhi oleh tiga faktor
yaitu masih minimnya pemahaman masyarakat mengenai ekonomi syariah,
pandangan masyarakat yang menganggap bahwa semua bank sama saja, serta
masih kurangnya sosialisasi pemahaman ekonomi syariah terhadap masyarakat.
Kata Kunci: Etika Pemasaran Islam, Tabungan IB Hijrah

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 332.1 Bank, Perbankan
300 Ilmu sosial > 346.08 Hukum Bank, Hukum Perbankan dan Hukum Asuransi
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Perbankan Syariah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 01 Nov 2023 06:59
Last Modified: 29 Dec 2023 02:23
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7540

Actions (login required)

View Item View Item