PENGUATAN SIKAP MODERASI BERAGAMA MELALUI PERAN GURU PAI PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 7 KOTA PALOPO

SAMAD, ZALSABILAH (2023) PENGUATAN SIKAP MODERASI BERAGAMA MELALUI PERAN GURU PAI PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 7 KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Skripsi Zalsabilah Samad.pdf] Text
Skripsi Zalsabilah Samad.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Zalsabilah Samad, 2023 ―Penguatan Moderasi Beragama Melalui Peran Guru
PAI Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 Kota
Palopo‖ Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam
Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam
Negeri Palopo. Dibimbing Oleh: Dr.H. Hasbi, M.Ag Dan
Andi Arif Pamessangi, S.Pd.I.,M.Pd.
Skripsi ini membahas tentang Penguatan Sikap Moderasi Beragama
Melalui Peran Guru PAI Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 Kota Palopo.
Di sekolah ini memiliki beberapa macam agama dan budaya. seperti kita ketahui
melalui kementrian agama (kemenag) peraturan untuk semua sekolah agar
memperdalam untuk bisa memperkuat moderasi beragama dikalangan siswa,
Maka hal ini guru PAI di Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 Kota Palopo
melakukan Peran Guru PAI dalam Penguatan moderasi bergama melaui
pembelajaran dan metode Penguatan sikap moderasi beragama untuk
mengembangkan nilai moderasi beragama, penelitian ini bertujuan untuk; (1)
Pemaparkan penguatan pembelajaran moderasi beragama (2) mendeskripsikan
bagaimana Peran guru PAI dalam Penguatan sikap moderasi beragama (3)
Mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penguatan moderasi
beragama.
Skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif deksripsi dari gambaran
dan budaya. lokasi penelitian ini adalah di Sekolah Menengah Pertama Negeri 7
Kota Palopo. Untuk Subjek Penelitian ini adalah dua (2) guru PAI, ada informan
pendukung yaitu: Wakil Kepala Sekolah, satu (1) guru agama kristen, dua (2)
kelas VII dan (2) Kelas VIII. dalam pengumpulan data menggunakan observasi,
wawancara, dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkn
data-data, mereduksi data, menyajian, dan menarik kesimpulan akhir. keabsahan
data yang dilakukan menggunakan triangulasi sumber data dan teknik.
Hasil penelitian memperlihatkan bahwa; (1) Penguatan sikap moderasi
beragama melalui peran guru PAI, melakukan kegiatan yang sejalan dengan
pembelajaran PAI, (a) Anti kekerasan (b) Toleransi selanjutnya menggunakan
metode secara lansung dan tidak langsung, dalam peran guru PAI
menggunakan(a) metode keteladanan (b) memberi nasihat (c) memberi
kedisplinan (d) memberi pembiasaan (e) pemberian khusus (f) Pemberian
hukuman sedangkan faktor pendukung dan faktor penghambat adalah (a)
kekompakan (b) Penerimaan dari orang tua siswa (c) aturan dari kepala sekolah
dan faktor penghambat (a) sarana kurang memadai (b) kurang minat siswa (c)
siswa sulit diatur (d) siswa yang kurang memperhatikan.
Kata kunci : Penguatan Sikap, Guru PAI, Moderasi Beragama.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 02 Nov 2023 01:46
Last Modified: 02 Nov 2023 01:46
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7570

Actions (login required)

View Item View Item