PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN WEBSITE CANVA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI GAYA KEPEMIMPINAN UMAR BIN ABDUL AZIZ DI MTS NO.32 LAMAS

MINARTI, ISRA (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN WEBSITE CANVA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI GAYA KEPEMIMPINAN UMAR BIN ABDUL AZIZ DI MTS NO.32 LAMAS. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ISRA MINARTI-SKRIPSI revisi2.pdf] Text
ISRA MINARTI-SKRIPSI revisi2.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRACT
Isra Minarti, 2023. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan
Website Canva Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik
Materi Gaya Kepemimpinan Umar Bin Abdul Aziz Di MTs No.32
Lamasi”. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing oleh: Dr. Munir Yusuf, S.Ag.,M.Pd. dan Abdul Rahim Karim,
S.Pd.I., M.Pd.
Skripsi ini membahas tentang pengembangan media pembelajaran
interaktif berbantuan website canva untuk meningkatkan motivasi belajar peserta
didik materi gaya kepemimpinan umar bin abdul aziz di MTs No.32 Lamasi kelas
VII B. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan media
pembelajaran interaktif berbantuan website canva, dan untuk mengetahui
peningkatan motivasi belajar peserta didik materi Gaya kepemimpinan umar bin
abdul aziz.
Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D)
dengan model ADDIE. Lokasi penelitian di MTs No.32 Lamasi dan waktu
pelaksanaan penelitian dilakukan selama 2 bulan. Subjek penelitian adalah ahli
materi, ahli media, guru mata pelajaran SKI, dan peserta didik kelas VII B.
Adapun teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi, angket
praktikalitas, serta angket motivasi belajar peserta didik. Teknik analisis data yaitu
analisis data deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif.
Hasil validasi ahli materi yaitu 91,6% dan hasil validasi ahli media yaitu
95,3% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil praktikalitas guru yaitu
82% dan hasil respon peserta didik yaitu 82% dengan kategori sangat praktis.
Hasil Angket motivasi belajar sebelum menggunakan media pembelajaran
interaktif yaitu 49,8% kategori rendah dan hasil angket sesudah menggunakan
media pembelajaran interaktif yaitu 84,6% kategori tinggi. Dapat disimpulkan
media pembelajaran interaktif valid dan praktis digunakan serta dapat
meningkatkan motivasi belajar peserta didik.
Kata Kunci : Website Canva, Media, Pembelajaran, Interaktif, Gaya
Kepemimpinan Umar Bin abdul Aziz, Motivasi belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 02 Nov 2023 02:52
Last Modified: 02 Nov 2023 02:52
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7579

Actions (login required)

View Item View Item