PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS CANVA PADA MATERI KEBERAGAMAN MAKHLUK HIDUP KELAS IV SDN 382 TO’BAKKUNG KABUPATEN LUWU

Zam. A, Fausia (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS CANVA PADA MATERI KEBERAGAMAN MAKHLUK HIDUP KELAS IV SDN 382 TO’BAKKUNG KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of FAUSIA ZAM. A.pdf] Text
FAUSIA ZAM. A.pdf

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK
Fausia Zam. A, 2023 “Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis
Canva pada Materi Keberagaman Makhluk Hidup Kelas IV SDN 382
To’bakkung Kabupaten Luwu”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru
Madrasah Ibtidiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama
Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Nasaruddin dan Hisbullah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kebutuhan dan desain
pengembangan media pembelajaran audio visual berbasis canva pada materi
keberagaman makhluk hidup kelas IV SDN 382 To’bakkung Kabupaten Luwu,
untuk mengetahui kevalidan media pembelajaran audio visual berbasis canva pada
materi keberagaman makhluk hidup kelas IV SDN 382 To’bakkung Kabupaten
Luwu, untuk mengetahui kepraktisan media pembelajaran audio visual berbasis
canva pada materi keberagaman makhluk hidup kelas IV SDN 382 To’bakkung
Kabupaten Luwu.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research & Development
(R&D) dan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu tahap
analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap
evaluasi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 382 To’bakkung Kabupaten Luwu.
Subjek penelitian peserta didik kelas IV yang berjumlah 25 orang dan wali kelas IV
serta validator. Objek yang diteliti media pembelajaran audio visual berbasis canva.
Teknik pengumpulan data, yaitu observasi, dokumentasi, wawancara, dan angket.
Teknik analisis data yaitu analisis kualitatif dan analisis kuantitatif.
Penelitian ini menghasilkan sebuah analisis kebutuhan bahwa peserta didik
lebih menyukai media pembelajaran yang dapat bergerak dan lebih menyukai
media yang terlihat menarik, hasil tahap desain pengembangan produk bahwa
peneliti terlebih dahulu memilih website, template, gambar dan animasi yang akan
digunakan dalam pembuatan media pembelajaran, pada hasil tahap pengembangan
dapat disesuikan dengan tahapan perancangan, setelah produk selesai maka
selanjutnya akan dilakukan uji kevalidan produk. Hasil validasi media memperoleh
nilai 81,8% kategori sangat valid, validasi materi memperoleh nilai 93,7% kategori
sangat valid, dan validasi bahasa memperoleh nilai 81,8% kategori sangat valid,
pada tahap implementasi setelah produk dinyatakan valid selanjutnya memberikan
angket kepraktisan kepada peserta didik dengan memperoleh nilai sebesar 97,8%
dan kepraktisan guru memperoleh nilai sebesar 96,4%, Adapun pada hasil tahap
evaluasi terdiri atas dua bagian yaitu formatif dan sumatif. Hal ini menunjukkan
bahwa media yang dikembangkan memiliki tingkat kevalidan yang tinggi, maka
media pembelajaran audio visual berbasis canva yang dikembangkan oleh peneliti
layak digunakan untuk kegiatan pembelajaran.
Kata Kunci: Model ADDIE, Media Pembelajaran Audio Visual, Canva

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 02 Nov 2023 06:33
Last Modified: 02 Nov 2023 06:33
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7605

Actions (login required)

View Item View Item