PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL TERINTEGRASI SUGESTI IMAJINASI DALAM PEMBELAJARAN MENYUSUN KALIMAT PADA SISWA KELAS II MI DATOK SULAIMAN

Wilsam, Wilsam (2023) PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL TERINTEGRASI SUGESTI IMAJINASI DALAM PEMBELAJARAN MENYUSUN KALIMAT PADA SISWA KELAS II MI DATOK SULAIMAN. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of Wilsam.pdf] Text
Wilsam.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Wilsam, 2023.“Pengembangan Media Audio Visual Terintegrasi Sugesti
Imajinasi Dalam Pembelajaran Menyusun Kalimat Pada Siswa
Kelas II Mi Datok Sulaiman”. Skripsi, Program Studi Pendidikan
Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan,
Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Edy Rustan,
dan Mirnawati
Skripsi ini membahas mengenai Pengembangan Media Audio Visual
Terintegrasi Sugesti Imajinasi Dalam Pembelajaran Menyusun Kalimat Pada
Siswa Kelas II Mi Datok Sulaiman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
(1) Bagaimana prosedur pengembangan media audio visual terintegrasi sugesti
imajinasi materi menyusun kalimat pada siswa kelas II MI Datok Sulaiman (2)
Bagaimana tingkat kevalidan pengembangan media audio visual terintegrasi
sugesti imajinasi dalam pembelajaran menyusun kalimat pada siswa kelas II MI
Datok Sulaiman.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) yang berupa media
audio visual terintegrasi sugesti imajinasi dalam menyusun kalimat yang
mengacu pada model ASSURE yang terdiri dari enam tahapan pengembangan.
Data penelitian diperoleh melalui observasi, angket, penilaian ahli, dan
dokumen. Kelayakan media pembelajaran yang dilakukan melalui penilaian ahli.
Pengembangan media pembelajaran Audio Visual materi menyusun kata
menjadi kalimat terintegrasi sugesti imajinasi dimulai pada tahap Analyze
Learner Characteristic yaitu menganalisa kebutuhan dan karakteristik siswa,
tahap selanjutnya State Objectives (Menyatakan Tujuan), Select methods, media
and materials (memilih metode, media dan materi). Media pembelajaran Audio
Visual yang telah selesai selanjutnya akan divalidasi oleh tiga validator. Setelah
uji validitas kemudian menjadi produk akhir. Media pembelajaran Audio Visual
telah berhasil dikembangkan dengan kategori sangat valid berdasarkan penilaian
ahli materi dan ahli media dengan persentase ahli materi 91,6%, ahli media 90%
serta ahli bahasa dengan persentase 90% dengan kategori sangat valid.
Kata Kunci: Pengembangan Media, Media Audio Visual, Sugesti, Imajinasi

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 03 Nov 2023 00:39
Last Modified: 03 Nov 2023 00:39
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7614

Actions (login required)

View Item View Item