UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK MELALUI KEGIATAN BERCAKAP-CAKAP DENGAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR DI KELOMPOK B TK BABUSSALAM KOTA PALOPO

KARTIKA, KARTIKA (2023) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK MELALUI KEGIATAN BERCAKAP-CAKAP DENGAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR DI KELOMPOK B TK BABUSSALAM KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of KARTIKA.pdf] Text
KARTIKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Kartika, 2023. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Melalui kegiatan
Bercakap-Cakap Dengan Media Buku Cerita Bergambar Di
Kelompok B Tk Babussalam Kota Palopo”. Skripsi Program Studi
Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh
Fatmaridah Sabani dan Ekka Poppi Hutami
Kemampuan anak dalam Bahasa di TK Terpadu Babussalam Kota Palopo
masih ada anak belum mampu menyebutkan huruf. Hal tersebut disebabkan
penggunaan alat pembelajaran yang masih minim Penelitian ini bertujuan: untuk
meningkatkan pengetahuan anak tentang Bahasa dalam bercakap cakap dengan
media buku cerita bergambar B TK Terpadu Babussalam Kota Palopo.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action
research). Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus terdiri dari 4 kali pertemuan
di setiap siklusnya. Subjek penelitiannya yaitu anak didik Kelompok B TK Terpadu
Babussalam yang berjumlah 7 orang anak. Instrumen penelitian yang digunakan
adalah lembar observasi anak berupa kisi-kisi lembar observasi perkembangan anak
dan rubrik penilaian dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan
peneliti yaitu observasi dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kemampuan Bahasa pada anak
antara pra siklus, siklus I dan siklus II mengalami peningkatan di setiap siklusnya,
Kemampuan awal anak didik sebelum dilakukan tindakan atau dalam tahap pra
siklus dimana jumlah anak kelompok B TK Terpadu Babussalam berjumlah 7 orang
dengan kategori belum berkembang (BB) sebanyak 1 anak atau 14%, mulai
berkembang (MB) sebanyak 6 anak atau 86%. Kemudian dilanjutkan ke siklus I
dilakukan 4 kali pertemuan tatap muka, begitupun dengan siklus II 4 kali pertemuan
tatap muka. Dimana pada siklus I menggunakan media buku cerita bergambar
diketahui 6 anak atau 86% dengan kategori mulai berkembang (MB), ada 1 anak
atau 14% berkembang sesuai harapan (BSH), sedangkan pada siklus II anak yang
berkembang sesuai harapan (BSH) terdapat 3 anak dengan persentase 42%, anak
yang berkembang sangat baik (BSB) sebanyak 4 anak atau 57%. Hasil ini
menggambarkan bahwa penggunaan media buku cerita bergambar dapat
meningkatkan kemampuan Bahasa anak dalam cakap cakap
Kata Kunci: Bahasa, buku cerita bergambar

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 03 Nov 2023 00:59
Last Modified: 03 Nov 2023 00:59
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7616

Actions (login required)

View Item View Item