PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK MATERI HUKUM BACAAN MAD UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DI MTS NO. 32 LAMAS

PRASETIAN, SRI EKA (2023) PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK MATERI HUKUM BACAAN MAD UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DI MTS NO. 32 LAMAS. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Skripsi Sri Eka Prasetian_1902010136.pdf] Text
Skripsi Sri Eka Prasetian_1902010136.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Sri Eka Prasetian, 2023. Pengembangan Modul Elektronik Materi Hukum Bacaan Mad
Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik di MTs. No. 32 Lamasi,
Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu
Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Palopo, Dibimbing oleh Kartini dan Muh.
Agil Amin.
Pengembangan modul elektronik materi hukum bacaan mad dilakukan
untuk meningkatkan minat belajar peserta didik di MTs. No. 32 Lamasi.
Pengembangan modul elektronik materi hukum bacaan mad bertujuan mengetahui
kevalidan, kepraktisan dari modul elektronik, serta untuk mendeskripsikan
peningkatan minat belajar peserta didik setelah menggunakan modul elektronik.
Penelitian yang dilakukan termasuk jenis penelitian Research and
Development yang menerapkan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design,
Development, Implementation, Evaluation). Lokasi penelitian di MTs. No. 32
Lamasi dan waktu pelaksanaan penelitian dilakukan selama 6 Juni 2023-6
Agustus 2023. Subjek penelitian adalah ahli materi, ahli media, guru al-Qur‟an
dan Hadis, serta peserta didik kelas VII A MTs. No. 32 Lamasi. Adapun teknik
dalam pengumpulan data adalah lembar validasi, lembar praktikalitas, lembar
validasi angket minat belajar, dan angket minat belajar peserta didik. Teknik
analisis data adalah analisis data deskriptif kualitatif dan analisis data kuantitatif.
Hasil uji kelayakan oleh ahli materi memperoleh 95% dengan kategori
sangat valid, dan ahli media yakni 92% dengan kategori sangat valid. Kepraktisan
modul elektronik oleh guru yakni 85% dengan kategori sangat praktis dan
praktikalitas oleh peserta didik yakni 74,4% dengan kategori praktis. Dari hasil
penelitian diketahui bahwa minat belajar peserta didik mengalami peningkatan
sebesar 28,1% dengan minat belajar sebelum menggunakan modul elektronik
adalah 53,1% kriteria cukup dan minat belajar setelah menggunakan modul
elektronik menjadi 81,2% kriteria sedang. Dengan demikian, dapat disimpulkan
bahwa dengan menggunakan modul elektronik materi hukum bacaan mad dapat
meningkatkan minat belajar peserta didik kelas VII A di MTs. No. 32 Lamasi.
Kata Kunci : pengembangan, modul elektronik, hukum bacaan mad, minat
belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 03 Nov 2023 01:23
Last Modified: 03 Nov 2023 01:23
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7619

Actions (login required)

View Item View Item