MINAT MEMBACA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR SEKOTA PALOPO DI ERA SOCIETY 5.0

NURMAYANI, NURMAYANI (2023) MINAT MEMBACA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR SEKOTA PALOPO DI ERA SOCIETY 5.0. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of NURMAYANI.pdf] Text
NURMAYANI.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK
Nurmayani, 2023. “Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar Sekota Palopo di Era
Society 5.0”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Tarbyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Pembimbing (I) Muhaemin (II) Mirnawati
Minat membaca siswa di Era Society 5.0 ialah kecenderungan yang
dimiliki untuk memerhatikan, menyanyangi, dan mengakrabi serta berhubungan
aktif dengan bacaan dalam keadaan dimana peserta didik seharusnya dapat
meningkatkan sumber daya manusianya dengan berbasis teknologi yang menitik
beratkan pada peningkatan kapasitas dan kualitas sumber daya manusia (SDM)
disegala sendi kehidupan khususnya pendidikan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat membaca siswa sekolah
dasar sekota Palopo di Era Society 5.0 dan dampak yang diberikan. Penelitian ini
merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan
cara pembagian angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data
menggunakan teknik analisis statistik deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisis statistik deskriptif
minat membaca siswa sekolah dasar sekota Palopo di Era Society 5.0 tergolong
sangat rendah berdasarkan hasil analisis angket siswa menunjukkan jumlah
pernyataan positif lebih besar dibandingkan dengan jumlah jawaban penyataan
negatif dengan persentase untuk pernyataan positif hanya mencapai 20 %
sedangkan persentase untuk pernyataan negatif 14 % yang berada pada interval 0-
20 dengan kategori sangat rendah. Didukung dengan hasil wawancara yang
membuktikan bahwa minat membaca siswa di Era Society 5.0 memang masih
rendah dipengaruhi beberapa faktor diantaranya: 1) faktor dari siswa itu sendiri
(internal), 2) faktor dari luar berupa fasilitas yang mendukung seperti bahan
bacaan yang tersedia maupun akses sumber lainnya secara digital, 3) peran orang
tua, guru, maupun teman yang mengarah ke hal positif ataupun negatif bergantung
dari feedback yang diberikan. Dampak Era Society 5.0 terhadap minat membaca
siswa sekolah dasar sekota Palopo lebih mengarah pada dampak negatif seperti; 1)
siswa menjadi generasi serba instan dimana generasi sekarang ini melakukan
segala sesuatu dengan cepat dan instan termasuk dalam mengerjakan tugas. 2)
lebih mementingkan kesenangan dan permainan utamanya dalam penggunaan
gadjet dibandingkan dengan kegiatan yang dapat lebih bernilai, 3) kurangnya
kemampuan dalam memilih dan memilah bahan bacaan yang baik didasarkan
pada kurangnya kebiasaan membaca, 4) kurang memanfaatkan dengan baik
infrastruktur dan platform teknologi yang tersedia.
Kata Kunci: Minat Membaca, Era Society 5.0, Siswa Sekolah Dasar, Pendidikan
di Kota Palopo.

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 03 Nov 2023 01:32
Last Modified: 03 Nov 2023 01:33
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7620

Actions (login required)

View Item View Item