PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENGGUNAKAN PRODUK MUDARABAH DI BSI KCP RATULANGI

LESTARI, DIAH (2023) PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENGGUNAKAN PRODUK MUDARABAH DI BSI KCP RATULANGI. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of DIAH LESTARI (PERBANKAN 2019).PDF] Text
DIAH LESTARI (PERBANKAN 2019).PDF

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Diah Lestari, 2023, “Pengaruh Marketing mix Terhadap Keputusan Nasabah
Menggunakan Produk Mudarabah Di BSI KCP Ratulangi”. Skripsi Program
Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama
Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Dr. H. M. Rasbi, S.E., M.M
Skripsi ini membahas tentang pengaruh marketing mix terhadap keputusan
nasabah menggunakan produk tabungan Mudarabah di BSI KCP Ratulangi.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor marketing mix dalam mempengaruhi
penentu keputusan nasabah dalam memilih tabungan Mudarabah di Bank Syariah
Indonesia.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan populasi
seluruh nasabah tabungan Mudarabah di BSI KCP Ratulangi dengan
pengambilan sampel sebanyak 93 responden menggunakan rumus Slovin. Metode
yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan uji asumsi klasik, uji
hipotesis, uji regresi linear berganda dan uji koefisien determinasi. Alat analisis
yang diguanakan adalah bantuan SPSS versi 20.
Hasil penelitian melalui uji F menunjukkan bahwa produk, harga, lokasi,
promosi, orang, bukti fisik dan proses berpengaruh positif dan signifikan secara
simultan terhadap keputusan nasabah untuk menabung menggunakan produk
tabungan Mudarabah di BSI KCP Ratulangi, hal ini dibuktikan dari hasil uji F
hitung sebesar 34,365 dengan signifikansi 0,000. Sementara hasil uji T
menunjukkan setiap variabel produk, harga, tempat, promosi, orang, proses dan
bukti fisik secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan. Kemudian pada hasil
pengujian koefisien determinasi pada r square sebesar 0,792. Hal ini menunjukkan
bahwa keputusan nasabah diperoleh oleh variabel independen sebesar 79,2%.
Kata Kunci: Keputusan Nasabah, Marketing mix

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 332.1 Bank, Perbankan
300 Ilmu sosial > 346.08 Hukum Bank, Hukum Perbankan dan Hukum Asuransi
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Perbankan Syariah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 03 Nov 2023 01:43
Last Modified: 03 Nov 2023 01:43
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7621

Actions (login required)

View Item View Item