PENERAPAN MANAJEMEN KELAS DALAM PENGEMBANGAN KUALITAS BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 PALOPO

PEMBAYUN, IGA (2023) PENERAPAN MANAJEMEN KELAS DALAM PENGEMBANGAN KUALITAS BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of IGA PEMBAYUN.pdf] Text
IGA PEMBAYUN.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Iga Pembayun, 2019. “Penerapan Manajemen Kelas dalam Pengembangan
Kualitas Belajar Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1
Palopo”. Skripsi Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri
Palopo. Dibimbing oleh Sukirman Nurdjan dan Hasri.
Skripsi ini membahas tentang Penerapan Manajemen Kelas dalam
Pengembangan Kualitas Belajar Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1
Palopo. Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui proses penerapan manajemen
kelas di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Palopo. Untuk mengetahui dampak
pengembangan kualitas belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1
Palopo.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan
pada bulan Mei dan Juli 2023. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil
kepala sekolah bidang kurikulum dan guru. Teknik pengumpulan data dilakukan
melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah proses penerapan manajemen kelas dalam
pengembangan kualitas belajar di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Palopo
dilakukan dengan baik melalui fungsi perencanaan manajemen kelas dalam
pembelajaran, pengorganisasian manajemen kelas, kepemimpinan manajemen dan
pengendalian manajemen kelas yang dikelola dengan baik oleh pihak sekolah;
Dampak pengembangan kualitas belajar siswa yang dilihat pada rapor pendidikan
bahwa masih perlunya peningkatan pada 1 pilar yaitu kemampuan numerisasi
murid juga mengalami penurunan pada pilar kondisi keamanan sekolah dan telah
mengalami peningkatan pada 4 pilar yaitu pada keterampilan literasi murid,
karakater murid, kondisi keamanan sekolah, kondisi kebinekaan sekolah dan
kualitas belajar. Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Palopo telah dikategorikan
sebagai sekolah unggulan dalam prestasi akademik maupun non akademik yang
dapat dilihat dari banyaknya piala dan piagam penghargaan yang telah diraih pada
siswa.
Kata Kunci: Penerapan, Manajemen Kelas, Kualitas Belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 03 Nov 2023 02:43
Last Modified: 03 Nov 2023 02:43
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7627

Actions (login required)

View Item View Item