PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERINTEGRASI BUDAYA TUDANG SIPULUNG PADA TEMA KEPEMIMPINAN KELAS VI SDN 114 PINCARA KECAMATAN MASAMBA KABUPATEN LUWU UTARA

NURSENG, ANITA NUANA (2023) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERINTEGRASI BUDAYA TUDANG SIPULUNG PADA TEMA KEPEMIMPINAN KELAS VI SDN 114 PINCARA KECAMATAN MASAMBA KABUPATEN LUWU UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Skripsi Anita Nuana model pembelajaran role playing.pdf] Text
Skripsi Anita Nuana model pembelajaran role playing.pdf

Download (13MB)

Abstract

ABSTRAK
Anita Nuana Nurseng, 2023“Pengembangan Model Pembelajaran Role Playing
Terintegrasi Budaya Tudang Sipulung pada Tema Kepemimpinan Kelas VI
SDN 114 Pincara Kecamatan Masamba Kabupaten Luwu Utara”. Skripsi
Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah
dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Pembimbing (I)
H. Syamsu Sanusi, dan Pembimbing (II) Firman.
Skripsi ini membahas tentang pengembangan model pembelajaran role playing
terintegrasi budaya tudang sipulung pada tema kepemimpinan kelas VI SDN 114
Pincara Kecamatan Masamba Kabupaten Luwu Utara. Penelitian ini bertujuan:
Untuk mengetahui analisis kebutuhan penggunaan model pembelajaran role
playing terintegrasi budaya tudang sipulung;Untuk mengetahui bentuk rancangan
pengembangan model pembelajaran role playing terintegrasi budaya tudang
sipulung;Untuk mengetahui tingkat validitas produk pengembangan model
pembelajaran role playing terintegrasi budaya tudang sipulung; dan Untuk
mengetahui praktikalitas produk pengembangan model pembelajaran role playing
terintegrasi budaya tudang sipulung. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian Research & Development (R&D) dengan model pengembangan
ADDIE yang terdiri dari 4 tahap yaitu:(1)tahap analysis, (2)tahap design, (3)tahap
development dan (4)tahap implementation. Penelitian ini dilakukan dikelas VI
SDN 114 Pincara Kecamatan Masamba Kabupaten Luwu Utara, yang bertindak
sebagai subjek penelitian adalah peserta kelas VI yang berjumlah 8 peserta didik.
Teknik pengumpulan data yaitu observasi, pedoman wawancara, lembar angket
siswa, dan dokumentasi .Teknik analisis data menggunakan rumus Presentase dan
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran role playing
terintegrasi budaya tudang sipulung dikatakan sangat valid oleh 3 validator
dengan beberapa kali revisi melalui komentar dan saran dari validator. Hasil
rekapitulasi validitas terhadap desain dan model pembelajaran dapat diperoleh
nilai 85% kategori sangat valid. Selanjutnya materi pembelajaran tema
Kepemimpinan dapat diperoleh nilai 87,5% kategori sangat valid. Kemudian
bahasa dapat diperoleh nilai 90% kategori sangat valid. Hasil uji praktikalitas
telah berhasil di ujicoba dengan kategori sangat praktis.
Kata kunci: Model, Role Playing, Budaya, Tudang Sipulung

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 03 Nov 2023 06:15
Last Modified: 03 Nov 2023 06:15
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7633

Actions (login required)

View Item View Item