STRATEGI PEMASARAN ISLAM HASIL PEMBUDIDAYAAN RUMPUT LAUT DI DESA MUNTE KECAMATAN TANALILI KABUPATEN LUWU UTARA

S., ILHAM (2022) STRATEGI PEMASARAN ISLAM HASIL PEMBUDIDAYAAN RUMPUT LAUT DI DESA MUNTE KECAMATAN TANALILI KABUPATEN LUWU UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ILHAM S.pdf] Text
ILHAM S.pdf

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK
ILHAM S, 2022.”Strategi Pemasaran Islam Hasil Budidaya Rumput Laut di
Desa Munte Kecamatan Tanalili”. Skripsi Program Studi Hukum
Ekonomi Syariah Fakultas Syari‟ah Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing oleh Irma T dan H. Mukhtaram Ayyubi.
Skripsi ini membahas tentang Strategi Pemasaran Islam Hasil Budidaya
Rumput Laut di Desa Munte Kecamatan Tanalili. Tujuan dari penelitian ini adalah
bagaimana peneliti mampu memberikan gambaran tentang strategi pemasaran
Islam terhadap hasil budidaya rumput laut di Desa Munte.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan teologis
normative dan yuridis sosiologis. Adapun sumber data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah data primer dan data sekunder, selanjutnya teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan
dokumentasi, Teknik pengelolaan data yaitu editing dan klasifikasi dan verifikasi
dan analisis data dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian skripsi ini adalah : Pertama, Strategi Pemasaran hasil
budidaya rumput laut di Desa Munte merupakan strategi umum dalam pemasaran
hasil budidaya rumput laut. Pemasaran ini melibatkan petani rumput laut sebagai
produsen, pengumpul lokal, pengumpul besar dan sampai tahap ekspor. Kedua,
strategi pemasaran dalam pandangan Islam tidak pernah membatasi kehendak
seseorang dalam mencari dan memenuhi kebutuhan mereka dalam memperoleh
harta selama masih berpegang teguh pada prinsip umum yaitu mencari kehalalan
harta dan berusaha menghindari keharaman harta yang ingin diperoleh. Masalah
yang terjadi akibat tidak menerapkan strategi pemasaran dalam pandangan Islam
akan mengakibatkan kebohongan antara penjual terhadap pembeli, manipulasi
harga jual rumput laut yang sangat merugikan para budidaya rumput laut serta
hubungan sosial yang kurang baik yang ditinjau dari segi persaingan antara perani
rumput laut, pengumpul lokal, dan pedagang besar.
Penerapan ajaran Islam dalam pemasaran rumput laut sangat diperlukan
sehingga mampu memberikan dampak yang positif bagi para pelaku budidaya
rumput laut dan kebaikan yang tidak hanya didapatkan di dunia namun dapat
didapatkan diakhirat sebagai amal ibadah.
Kata kunci : Budidaya Rumput Laut, Stratege Budidaya Rumput Laut, dan
Pandangan Islam dalam Strategi Budidaya Rumput Laut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
200 Agama > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Syariah > Program Studi S-1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 03 Nov 2023 06:35
Last Modified: 29 Dec 2023 06:18
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7636

Actions (login required)

View Item View Item