PENGGUNAAN MEDIA DOMINO TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERKALIAN SISWA KELAS IV SDN 045 PADANG ALIPAN

RUGANI, SITI NURHASANA (2023) PENGGUNAAN MEDIA DOMINO TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERKALIAN SISWA KELAS IV SDN 045 PADANG ALIPAN. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Skripsi Nurhasana.pdf] Text
Skripsi Nurhasana.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Siti Nurhasana R. 2023, “Penggunaan Media Domino Terhadap Peningkatan
Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Materi Perkalian
Siswa Kelas IV SDN 045 Padangf Alipan.” Skripsi Program Studi
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Pembimbing (I) Nursyamsi, Pembimbing (II) Hisbullah
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik
pada pembelajaran matematika. Khususnya pada materi perkalian, peserta didik
kelas IV masih belum hafal perkalian. Hal ini disebabkan karena guru tidak
memanfaatkan media pembelajaran dalam proses pembelajaran, yang
menyebabkan peserta didik bosan sehingga sulit memahami pelajaran. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada
pembelajaran matematika materi perkalian dengan menggunakan media domino.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), subjek dalam
penelitian ini adalah peserta didik kelas IV yang berjumlah 19 orang. Penelitian
ini dilaksanakan di SDN 045 Padang Alipan pada. Teknik pengumpulan data
dilakukan dengan cara wawancara, dokumentasi, observasi aktivitas belajar
peserta didik dan guru, serta tes hasil belajar siswa,.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media domino dapat
meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini tampak pada tingkat hasil belajar
peserta didik jika dibandingkan dengan nilai awal peserta didik yang diperoleh
pada tahap prasiklus yaitu ketuntasan klasikal pesert didik yang hanya mrncapai
21% dengan nilai rata-rata hanya 46,84 mengalami peningkatan dari siklus I
dimana nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 71,84 dengan persentase ketuntasan
klasikal 57% kemudian meningkat pada siklus II yang memperoleh nilai rata-
rata 84,52 dengan persentase ketuntasan klasikal mencapai 89%. Hal tersebut
menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan yang
cukup signifikan. Selain itu, aktivitas belajar peserta didik pun ikut mengalami
peningkatan.
Kata kunci : Media Domino, Hasil Belajar Siswa, Matematika

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 03 Nov 2023 06:44
Last Modified: 03 Nov 2023 06:44
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7641

Actions (login required)

View Item View Item