Upaya Peningkatan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan BTP ( Bermain Tepuk Pola ) di TK Hamdan Kecamatan Kamanre Kabupaten Luwu

Raksa, Arianti (2023) Upaya Peningkatan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan BTP ( Bermain Tepuk Pola ) di TK Hamdan Kecamatan Kamanre Kabupaten Luwu. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of Arianti Raksa.pdf] Text
Arianti Raksa.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Arianti Raksa, 2023. “Upaya Peningkatan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun
Melalui Kegiatan BTP (Bermain Tepuk Pola) di Tk Hamdan Kecamatan
Kamanre Kabupaten Luwu”. Skripsi Program Studi Pendidikan Islam
Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Insitut Agama
Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Hasri Dan Subhan.
Skripsi ini membahas tentang bagaimana kemampuan motorik halus
belajar anak dan manfaat dari kegiatan Bermain Tepuk Pola di TK Hamdan
Kecamatan Kamanre Kabupaten Luwu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
peningkatan kemampuan motorik halus anak dan manfaat kegiatan Bermain
Tepuk Pola di TK Hamdan Kecamatan Kamanre Kabupaten Luwu.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan
dua siklus yaitu siklus I terdiri dari 3 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 3
kali pertemuan. Subjek dari penelitian ini adalah anak di TK Hamdan Kecamatan
Kamanre Kabupaten Luwu tahun ajaran 2022/2023, yang berjumlah 16 orang
anak, yang terdiri dari 10 perempuan dan 6 laki-laki. Metode pemecahan masalah
digunakan yaitu menerapkan proses belajar mengajar dengan menggunakan
kegiatan Bermain Tepuk Pola. Meningkatkan kemampuan motorik halus anak dan
mengetahui manfaat kegiatan Bermain Tepuk Pola yang diperoleh dari wawancara
observasi dan dokumentasi. Data penelitian ini dianalis secara statistik deskriktif.
Keberhasilan penelitian ini ditentukan dengan anak mendapatkan skor hasil
penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil belajar anak.
Skor pada kondisi awal atau sebelum tindakan sebesar 32% dari jumlah
indikator dan belum memenuhi kategori baik. Siklus satu dengan rata-rata
ketuntasan klasikal belum mencapai target yaitu 80% dan pada siklus 2 telah
mencapai target dengan rata-rata 87% dan manfaat dari kegiatan Bermain Tepuk
Pola yaitu proses pembelajaran yang efektif, mudah menarik perhatian anak,
semangat anak meningkat dan kepercayaan diri anak meningkat. Dengan
demikian penelitian tindakan kelas (PTK) ini dikatakan berhasil sehingga peneliti
merekomendasikan pembelajaran menggunakan kegiatan Bermain Tepuk Pola
dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak di TK Hamdan Kecamatan
Kamanre Kabupaten Luwu.
Kata Kunci : Anak Usia 5-6 Tahun. Bermain Tepuk Pola. Kemampuan Motorik
Halus

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 03 Nov 2023 06:59
Last Modified: 03 Nov 2023 06:59
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7644

Actions (login required)

View Item View Item