ANALISIS KUALITAS LAYANAN KURIR DAN LOGISTIK PADA PENGGUNA JASA PENGIRIMAN PAKET PT.POS INDONESIA DI KOTA PALOPO

ISMAIL, ADNAN RIALDI (2023) ANALISIS KUALITAS LAYANAN KURIR DAN LOGISTIK PADA PENGGUNA JASA PENGIRIMAN PAKET PT.POS INDONESIA DI KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Skripsi Adnan Rialdi Ismail.pdf] Text
Skripsi Adnan Rialdi Ismail.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
A nan Rial i Is ail, 2023, “Analisis Kualitas Layanan Kurir an Logistik Pa a
Pengguna Jasa Pengiriman Paket PT.Pos Indonesia
di Kota Palopo”. Skripsi Progra Studi Manajemen
Bisnis Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Institut Agama Islam Negeri Palopo, dibimbing oleh
Hamida. S.E.Sy., M.E.Sy .
Skripsi ini membahas tentang kualitas layanan kurir dan logistik pada pengguna
jasa pengiriman paket PT.Pos Indonesia di Kota Palopo. Adapun rumusan
masalah pada penelitian ini yaitu untuk menganalisis apa hambatan kualitas
layanan kurir dan logistik pada PT.Pos Indonesia di Kota Palopo, dan apa
pendukung kualitas layanan kurir dan logistik pada PT.Pos Indonesia di Kota
Palopo.
Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif
dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada
penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas layanannya dikatakan cukup
baik dalam proses pelayanan, karena jaminan paket akan sampai tepat waktu itu
disesuaikan dengan tanggal yang ditentukan oleh pihak penyedia layanan. Hal
yang membuat terhambatnya proses pengiriman paket yaitu karena cuaca yang
buruk, alamat tidak lengkap, resi salah alamat, lokasi yang terpencil, dan juga
suatu kondisi tertentu yang membuat paket jadi menumpuk/overload, hal tersebut
yang seharusnya bukan menjadi kesalahan penuh dari pihak kantor pos sendiri,
tetapi suatu kondisi yang tidak bisa diterka-terka dalam proses pengiriman.
Dengan segala jenis fasilitas yang diberikan oleh kantor pos mampu membuat
pelanggan merasa nyaman. Dengan hal itu tentunya yang menjadi pendukung
kualitas layanan yang ada di PT.Pos Indonesia di Kota Palopo.
Kata Kunci : Kualitas Layanan, Kurir dan Logistik, Jasa Pengiriman.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 650 Bisnis
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 03 Nov 2023 08:05
Last Modified: 03 Nov 2023 08:05
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7650

Actions (login required)

View Item View Item