METODE GURU DALAM MENANAMKAN NILAI KETAUHIDAN PADA SISWA KELAS 2 DI SD ISLAM INTEGRAL HIDAYATULLAH BOSSO

SUHERNA, SUHERNA (2023) METODE GURU DALAM MENANAMKAN NILAI KETAUHIDAN PADA SISWA KELAS 2 DI SD ISLAM INTEGRAL HIDAYATULLAH BOSSO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of SSSKRIPSIiiii123_erna_revisian00001223456789101112(2) OK 1 (2) (1).pdf] Text
SSSKRIPSIiiii123_erna_revisian00001223456789101112(2) OK 1 (2) (1).pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Suherna, 2023, “Metode Guru PAI dalam Menanamkan Nilai-nilai Ketauhidan
pada Siswa di Kelas 2 SD Islam Integral Hidayatullah Bosso”. Skripsi
Program Studi Pendidikan Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh
Hj. St. Marwiyah dan Dr. Kartini.
Skripsi ini membahas tentang metode guru PAI dalam menanamkan nilai-
nilai ketauhidan pada siswa di kelas 2 SD Islam Integral Hidayatullah Bosso.
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui metode yang digunakan guru PAI
dalam menanamkan nilai ketauhidan pada siswa kelas 2 di SD Islam Integral
Hidayatullah. 2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru PAI dalam
menanamkan nilai ketauhidan pada siswa kelas 2 di SD Islam Integral
Hidayatullah Bosso.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif.
Sumber data primer diperoleh dari hasil observasi dan wawancara, sedangkan
sumber data sekunder bersumber dari dokumentasi sekolah dan dokumentasi
penelitian. Data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi
sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Metode guru dalam
menanamkan nilai ketauhidan pada siswa kelas 2 SD Islam Integral Hidayatullah
Bosso dengan menggunakan 2 metode yaitu metode ceramah dan Tanya jawab.
2) Faktor pendukung guru PAI dalam menanamkan nilai ketauhidan pada siswa
kelas 2 di SD Isalam Integral Hidayatullah yaitu lingkungan sekolah, guru-guru,
kegiatan dalam proses belajar mengajar, sarana berupa mushalla, kelas yang
memadai. Sedangkan faktor penghambat dalam proses penanaman nilai
ketauhidan yang ada di SD Islam Integral Hidayatullah yaitu masalah kemampuan
siswa dalam membaca buku dan membaca al Quran, sarana dan prasarana belum
memadai berupa buku-buku agamnya kurang, perbedaan persepsi yakni apa yang
disampaikan guru berbeda dengan apa yang dipahami oleh siswa.
Kata Kunci : Metode Guru PAI, Menanamkan, Nilai Ketauhidan, Siswa
kelas 2, SD Islam Integral Hidayatullah Bosso.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 06 Nov 2023 00:49
Last Modified: 06 Nov 2023 00:49
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7664

Actions (login required)

View Item View Item