REPRESENTASI NILAI TAUHID DALAM BAHAN AJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TENTANG KISAH-KISAH NABI DI SD KELAS 4

HAYATI, NUR (2023) REPRESENTASI NILAI TAUHID DALAM BAHAN AJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TENTANG KISAH-KISAH NABI DI SD KELAS 4. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of SKRIPSI NUR HAYATI.pdf] Text
SKRIPSI NUR HAYATI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Nur hayati, 2023. Representasi Nilai Tauhid dalam Bahan Ajar Mata Pelajaran
Pendidika Agama Islam tentang Kisah-Kisah Nabi di SD Kelas 4
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan
Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo. Dibimbing
oleh Dr.Sukirman Nurjan dan Alimuddin.
Skripsi ini mengkaji tentang Representasi Nilai Tauhid dalam bahan ajar mata
Pelajaran Pendidikan Agama Islam tentang Kisah-Kisah Nabi di SD Kelas 4.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan (1) bentuk nilai tauhid yang
terkandung dalam bahan ajar mata pelajaran pendidikan agama Islam tentang
kisah-kisah nabi di SD kelas 4. Penelitian ini mengunakan penelitian kepustakaan
atau penelitian library research. Prosedur dan rancangan penelitian digunakan
melalui proses penafsiran, korpus data, deskripsi, diskusi, dan temuan. Instrumen
dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data pada
peneliti ini yang digunakan adalah buku, jurnal, artikel, dan dukumentasi artinya
data data diperoleh melalui nilai tauhid dalam bahan ajar mata pelajaran
pendidikan agama Islam tentang kisah-kisah nabi di SD kelas 4. Teknik analisis
data yang digunakan metode analisis isi (kontent analisis) yang berkitan dengan
bentuk verbal bahasa dan nonverbal dengan cara menguasai nilai tauhid dalam
bahan ajar. Berdasarkan hasil analisis data yang diungkap dan ditemukan dalam
yang terkandung bentuk nilai tauhid dalam bahan ajar mata pelajaran pendidikan
agama islam tentang kisah kisah Nabi SD kelas 4 sebagai berikut: (1) nilai tauhid
yang terdiri dari beberapa pokok yaitu tauhid ar-rububiyah, tauhid uluhiyah,
tauhid al-asma’ waassh-shifat. (2) pendidikan agama Islam adalah merupakan
usaha sadar yang dilakukan pendidik dalam rangka mempersiapkan peserta didik
untuk menyakini, memahami, dan mengamalkan ajaran Islam melalui kegiatan
bimbingan, pengajaran. (3) kisah kisah nabi kisah-kisah Nabi dalam pendidikan
agama Islam menjadi sumber inspirasi dan Mereka mengilhami nilai-nilai seperti
kesabaran, kejujuran, rasa empati, dan tanggung jawab sosial.
Kata kunci : Nilai Tauhid, Pendidikan Agama Islam, Kisah-Kisah Nabi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 06 Nov 2023 02:59
Last Modified: 06 Nov 2023 02:59
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7674

Actions (login required)

View Item View Item