UPAYA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK MELALUI BERMAIN KOOPERATIF DI RAUDHATUL ATHFAL AR-RAHMAN UTAMA DESA LEMPOPACCI KECAMATAN SULI KABUPATEN LUWU PROVINSI SULAWESI SELATAN

IHSAN, NURFAIDAH (2023) UPAYA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK MELALUI BERMAIN KOOPERATIF DI RAUDHATUL ATHFAL AR-RAHMAN UTAMA DESA LEMPOPACCI KECAMATAN SULI KABUPATEN LUWU PROVINSI SULAWESI SELATAN. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Skripsi Nurfaidah Ihsan (NIM) 18 0207 0018 (1).pdf] Text
Skripsi Nurfaidah Ihsan (NIM) 18 0207 0018 (1).pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK
Nurfaidah ihsan, 2023. “Upaya Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional
Anak Melalui Bermain Kooperatif Raudhatul Athfal Ar-Rahman Utama
Kecamatan Suli Kabupaten Luwu Provinsi Sulawesi Selatan”. Skripsi
Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan
Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh
Firman dan Eka Poppi Hutami.
Skripsi ini membahas tentang bagaimana perkembangan sosial emosional
Anak Didik RA Ar-Rahman Utama dan sub masalah yaitu bagaimana proses
perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dalam meningkatkan sosial emosional
anak melalui bermain kooperatif di RA Ar-Rahman Utama Desa Lempopacci
Kecamatan Suli Kabupaten Luwu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
bagaimana peningkatan perkembangan sosial emosional anak di RA Ar-Rahman
Utama. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B RA Ar-Rahman Utama
Tahun ajaran 2022/2023, yang berjumlah 15 orang anak, yang terdiri dari 7 anak
laki-laki dan 8 anak perempuan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas
(PTK), dengan dua siklus yaitu Siklus I yang terdiri dari 4 kali pertemuan dan
Siklus II yang terdiri dari 4 kali pertemuan. Metode pemecahan masalah yang
digunakan yaitu dengan menerapkan proses belajar mengajar melalui kegiatan
bermain kooperatif melalui tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi untuk
meningkatkan perkembangan sosial emosional anak yang diperoleh dari hasil
observasi menggunakan lembar check list dan dokumentasi.
Keberhasilan penelitian ini ditentukan dengan skor yang menunjukkan
peningkatan hasil pelaksanaan kegiatan bermain dan belajar anak. Skor pada
kondisi awal atau pra tindakan sebesar 51% dari semua indikator dan belum
memenuhi angka persentase yang diharapkan yaitu 80%. Hasil pembelajaran atau
bermain kooperatif yang dilakukan pada Siklus I dengan rata-rata skor sebesar
69% dari semua jumlah indikator mulai meningkat namun belum mencapai skor
maksimal. Setelah dilakukan evaluasi pembelajaran pada Siklus II terjadi
peningkatan dengan skor 90% secara keseluruhan dari semua jumlah indikator
sosial emosional anak meningkat saat bermain kooperatif dilaksanakan dan telah
mencapai hasil yang diharapkan. Dengan demikian, penelitian tindakan kelas
(PTK) ini dikatakan berhasil sehingga peneliti merekomendasikan pembelajaran
melalui bermain kooperatif dapat meningkatkan perkembangan sosial emosional
anak di RA Ar-Rahman Utama.
Kata Kunci : Perkembangan, Sosial Emosional, Bermain Kooperatif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 06 Nov 2023 03:08
Last Modified: 06 Nov 2023 03:08
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7675

Actions (login required)

View Item View Item