E F E K T IV IT A S M E T O D E S O C R A T IC Q U E S T IO N BERBANTUAN KAHOOT TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 PALOPO

GUPTA, GEBIN STAFIA (2023) E F E K T IV IT A S M E T O D E S O C R A T IC Q U E S T IO N BERBANTUAN KAHOOT TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of GEBIN STAFIA GUPTA.pdf] Text
GEBIN STAFIA GUPTA.pdf

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK
Gebin Stafia Gupta, 2023. “Efektivitas Metode Socratic Question Berbantuan
Kahoot Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep
Matematika Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Palopo”. Skripsi Program
Studi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Alia Lestari dan
Sumardin Raupu.
Skripsi ini membahas tentang Efektivitas Metode Socratic Question
Berbantuan Kahoot Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep
Matematika Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Palopo. Penelitian ini bertujuan:
Untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang
memperoleh pembelajaran dengan metode socratic question berbantuan kahoot
dan yang tidak memperoleh pembelajaran dengan metode socratic question
berbantuan kahoot. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui efektivitas
metode pembelajaran socratic question berbantuan kahoot terhadap peningkatan
kemampuan pemahaman konsep matematika siswa di kelas XI SMA Negeri 2
Palopo, sekaligus sebagai salah satu metode belajar yang dapat diterapkan sebagai
inovasi dari pembelajaran sebelumnya yang menggunakan metode konvensional.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian true eksperimen dengan tipe
pre-test and post-test control group design. Populasi pada penelitian ini terdiri
dari 6 kelas dengan jumlah 197 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan
dengan teknik cluster random sampling, dan digunakan sebanyak 2 kelas dengan
jumlah sampel 68 orang siswa. Data diperoleh melalui observasi dan tes.
Kemudian data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik
inferensial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Socratic Question
berbantuan Kahoot efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep
matematika siswa. Hal ini berdasarkan uji hipotesis yang menunjukkan nilai rata�rata post-test kelas eksperimen lebih besar dari nilai rata-rata post-test kelas
kontrol. Dengan demikian metode Socratic Question berbantuan Kahoot dapat
menjadi salah satu metode belajar yang diterapkan dalam pembelajaran untuk
meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa.
Kata Kunci: Efektivitas, Metode Socratic Question berbantuan Kahoot,
Pemahaman Konsep.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 06 Nov 2023 03:17
Last Modified: 06 Nov 2023 03:17
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7680

Actions (login required)

View Item View Item