PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) ELEKTRONIK BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE AND SHARE (SSCS) PADA MATERI PATUH KEPADA ORANG TUA DAN GURU KELAS VIII SMPN 4 BAJO

Nasrum, Suleha (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) ELEKTRONIK BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE AND SHARE (SSCS) PADA MATERI PATUH KEPADA ORANG TUA DAN GURU KELAS VIII SMPN 4 BAJO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of SULEHA NASRUM PAI 2019.PDF] Text
SULEHA NASRUM PAI 2019.PDF

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK
Suleha Nasrum, 2023. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)
Elektronik Berbasis Model Pembelajaran Search, Solve, Create, And
Share (SSCS) Pada Meteri Patuh Kepada Orang Tua dan Guru Kelas
VIII SMPN 4 Bajo“. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam,
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri
(IAIN) Palopo. Dibimbing Oleh Hj.A.Riawarda, dan Makmur.
Skripsi ini membahas tentang Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD) Elektronik Berbasis Model Pembelajaran Search, Solve, Create, And
Share (SSCS) Pada Meteri Patuh Kepada Orang Tua dan Guru Kelas VIII SMPN
4 Bajo. Penelitian ini bertujuan: 1) mengetahui pengembangan LKPD berbasis
model pembelajaran SSCS pada materi patuh kepada orang tua dan guru. 2)
mengetahui tingkat validitas produk dan 3) mengetahui tingkat kepraktisan
produk. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and
development) yang mengadaptasi dengan desain model pengembangan 4D.
Teknik pengumpulan data dengan observasi, lembar validasi, angket, dan
dokumentasi. Teknik analisis data yaitu data kevalidan diperoleh dari hasil
validator ahli tentang LKPD yang dikembangkan, data kepraktisan diperoleh dari
angket respon guru dan peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1)
Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) elektronik berbasis model
pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) pada materi patuh kepada
orang tua dan guru kelas VIII mengikuti model pengembangan 4D yaitu : (a)
Define (pendefinisian): analisis awal –akhir, peserta didik, analisis materi, analisis
tugas, dan perumusan tujuan pembelajaran (b) Design (perancangan): pemilihan
media, pemilihan format dan perancangan awal (c) Develop(pengembangan) :
validasi ahli dan (d) Disseminate (penyebaran): penyebaran terbatas kepada
pendidik dan peserta didik kelas VIII SMPN 4 Bajo. 2) Hasil tingkat validitas
yang diperoleh dari ahli media yaitu dengan nilai rata – rata 82,7 % sedangkan
untuk hasil validasi yang diperoleh dari ahli materi yaitu dengan nilai rata – rata
83,7 %. Hal tersebut menjadi acuan bahwa produk yang telah dikembangkan
sangat valid sehingga layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. 3) Hasil
tingkat kepraktisan LKPD dikatakan praktis dengan melihat angket respon guru
sebesar 94,44% berada pada kategori sangat praktis dan rata – rata angket respon
peserta didik sebesar 89,62% berada pada kategori sangat praktis.
Keywords : LKPD elektronik, SSCS

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 297.77 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 06 Nov 2023 03:34
Last Modified: 06 Nov 2023 03:34
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7682

Actions (login required)

View Item View Item