PENGGUNAAN BAHASA PADA PERMAINAN GAME ONLINE PUBG ANAK UMUR 10-12 TAHUN KELURAHAN JAYA KECAMATAN TELLU WANUA KOTA PALOPO

BASO, MUH SUGIARSONO BIN (2023) PENGGUNAAN BAHASA PADA PERMAINAN GAME ONLINE PUBG ANAK UMUR 10-12 TAHUN KELURAHAN JAYA KECAMATAN TELLU WANUA KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of PGMI - Muh. Sugiarsono Bin Baso.pdf] Text
PGMI - Muh. Sugiarsono Bin Baso.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRACK
Muh. Sugiarsono, 2023, “Penggunaan Bahasa Pada Permainan Game Online
PUBG Anak Umur 10-12 Tahun Kelurahan Jaya Kecamatan
Tellu Wanua Kota Palopo” skripsi Program Studi Pendidikan
Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo, Pembimbing (I)
Edhy Rustan , dan Pembimbing (II) Lilis Suryani.
Skripsi ini membahas mengenai Penggunaan Bahasa Pada Permainan Game
Online PUBG Anak Umur 10-12 Tahun Kelurahan Jaya Kecamatan Tellu Wanua
Kota Palopo, peneliti melihat seorang anak yang mungkin kecanduan dalam bermain
game online PUBG di salah satu warnet di kelurahan Jaya. Peneliti menemukan dua
hal dalam permaianan ini, yaitu mengenai perkataan yang tidak pantas dikeluarkan
oleh anak usia 10 tahun dan juga pembelajaran bagi mereka yang menyukai bahasa
asing seperti Bahasa Inggris.
Tujuan penelitian ini adalah, (I) Untuk Mengetahui penggunaan bahasa pada
anak usia 10-12 tahun ketika bermain game online PUBG. (II) Untuk Mengetahui
dampak penggunaan game online PUBG pada anak usia 10-12 tahun dari bermain
game online tersebut. Dalam Penelitian penulis menggunakan : Metode yang
digunakan adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian Field Research Lokasi
penelitian Kelurahan Jaya Kecamatan Telluwanua Kota Palopo. Pengumpulan data
melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi pada anak-anak dan siswa.
Hasil penelitian yaitu : (I) Berdasarkan hasil penelitian pada rumusan
masalah pertama mengenai penggunaan bahasa yang baik dan buruk pada usia anak
10-12 Tahun bahasa yang digunakan anak ketika sedang bermain Game Online
PUBG sangatlah Bergama sesuai dengan hasil wawancara diantaranya seprti bahasa
tolol, bego, sinting, gila, baga (II) Hasil penelitian Kedua mengenai dampak bermain
Game Online PUBG, bagi anak usia 10-12 Tahun berupa dampak negatif dan positif
diantaranya dampak negatif antara lain : Kecanduan,boros, kasar, mengeluarkan
bahasa tidak baik. Dan dampak positifnya antara lain : menambah pengetahuan,
banyak akal, kerja sama antar team.
Kata Kunci : Bahasa Baik dan Buruk, Dampak Game Online

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 06 Nov 2023 03:35
Last Modified: 06 Nov 2023 03:35
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7683

Actions (login required)

View Item View Item