PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN SUGESTI IMAJINASI BERBASIS NEUROLINGUISTIK PROGRAMING MENULIS KARANGAN PADA SISWA KELAS IV DI MI DATOK SULAIMAN PALOPO

Achfar, Erni (2023) PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN SUGESTI IMAJINASI BERBASIS NEUROLINGUISTIK PROGRAMING MENULIS KARANGAN PADA SISWA KELAS IV DI MI DATOK SULAIMAN PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of ERNI ACHFAR.pdf] Text
ERNI ACHFAR.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
ErniAchfar,2023. "Pengembangan Metode Pembelajaran Palopo Sugesti
Imajinasi Berbasis Neurolinguistik Programing Menulis Karangan Siswa
Kelas IV MI Datok Sulaiman Palopo". Skripsi Program Studi Pendidikan
Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut
Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Edhy Rustan dan Mirnawati
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan Metode Pembelajaran
Palopo Sugesti Imajinasi Berbasis Neurolinguistik Programing Menulis Karangan
SiswaKelas IV MI Datok Sulaiman Palopo, mengetahui rancangan Metode
Pembelajaran Palopo Sugesti Imajinasi Berbasis Neurolinguistik Programing
Menulis Karangan Siswa Kelas IV MI Datok Sulaiman Palopo, mengetahui
pengembangan Metode Pembelajaran Sugesti Imajinasi Berbasis Neurolinguistik
Programing Menulis Karangan Siswa Kelas IV MI Datok Sulaiman Palopo,
mengetahui keefektifan Metode Pembelajaran Sugesti Imajinasi Berbasis
Neurolinguistik Programing Menulis Karangan Siswa Kelas IV MI Datok Sulaiman
Palopo. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development
(R&D) dengan memodifikasi tahapan-tahapan pengembangan ADDIE terdiri 4
tahapyaitu: Analisis, desain, develop, implementasi. Dilakukan di MI Datok
Sulaiman Palopo, subjek penelitian yaitu guru dan siswakelas IV. Teknik
pengumpulan data yaitu, observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Produk
yang dikembangkan berupa metode pembelajaran sugesti imajinasi berbasis
neurolinguistik. Metode yang telah dikembangkan divalidasi oleh diantaranya:
validator media memperoleh 90% dan validator materi 93%. Nilai keseluruhan
kedua validator diperoleh 89.2% kategorikan sangat valid. Kepraktisan modul
memperoleh hasil 90% kategori sangat praktis. Hasil tersebut menunjukkan metode
pembelajaran sangat praktis dalam membantu siswa memahami materi
pembelajaran.
Kata kunci: Sugesti Imajinasi, Neurolinguistk Programing, Kelas IV Sekolah
Dasar

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 06 Nov 2023 06:20
Last Modified: 06 Nov 2023 06:20
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7695

Actions (login required)

View Item View Item