PENGARUH KETERAMPILAN MEMBACA TERHADAP KOMPETENSI MERESPONS DAN MENCIPTA PADA SISWA KELAS V SDN 660 MEKAR JAYA

JANNA, MIFTAHUL (2023) PENGARUH KETERAMPILAN MEMBACA TERHADAP KOMPETENSI MERESPONS DAN MENCIPTA PADA SISWA KELAS V SDN 660 MEKAR JAYA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of SKRIPSI MIFTAHUL JANNA WATERMARK.pdf] Text
SKRIPSI MIFTAHUL JANNA WATERMARK.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Miftahul Janna, 2023.“Pengaruh Keterampilan Membaca Terhadap Kompetensi
Merespons dan Mencipta pada Siswa Kelas V SDN 660
Mekar Jaya”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru
Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan,
Pembimbing (1) Edhy Rustan Pembimbing (II) Dwi Risky
Arifanti.
Skripsi ini membahas tentang bagaimana keterampilan membaca siswa
kelas V SDN 660 Mekar Jaya, bagaimana kompetensi merespons dan mencipta
siswa kelas V, bagaimana pengaruh keterampilan membaca terhadap kompetensi
merespons dan mencipta siswa kelas V.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasional dengan pendekatan
kuantitatif. Dalam rangka mendapatkan data yang dibutuhkan maka penulis
menggunakan teknik meliputi teknik tes dan nontes. Sampel dalam penelitian ini
yaitu 33 siswa kelas V. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validitas dan
reliabilitas, uji normalitas dan homogenitas, analisis regresi linear sederhana serta
uji hipotesis.
Hasil penelitian mengemukakan bahwa:1.Keterampilan membaca siswa
diperoleh hasil hampir semua siswa kelas V SDN 660 Mekar Jaya lancar dalam
membaca. Artinya siswa kelas V secara umum mempunyai keterampilan membaca
yang cukup baik. 2. Kompetensi merespons dan membaca siswa dilakukan dengan
cara menggunakan teknik tes secara individual yaitu tes objektif berupa pilihan
ganda. Tes keterampilan membaca untuk melihat respons dan mencipta. Nilai
rata-rata kompetensi merespons dan mencipta siswa kelas V adalah 70 yang
termasuk dalam kategori baik. jadi artinya, siswa kelas V termasuk dalam kategori
baik dalam kompetensi merespons dan mencipta. 3. Pengaruh keterampilan
membaca terhadap kompetensi merespons dan mencipta siswa kelas V diperoleh
besarnya nilai pengaruh keterampilan membaca terhadap kompetensi merespons
dapat dilihat dari besarnya nilai korelasi/hubungan (R) yaitu 0,118 dan dari out
put diperoleh koefisien determinasi (R2) sebesar 0,014 yang mengandung
pengertian bahwa pengaruh variabel bebas yaitu keterampilan membaca terhadap
variabel terikat yaitu kompetensi merespons adalah sebesar 14%. Pengaruh
keterampilan membaca terhadap kompetensi mencipta siswa kelas V diperoleh
hasil apabila nilai keterampilan membaca bertambah satu satuan maka nilai
kompetensi mencipta akan bertambah 0,118 atau setiap nilai keterampilan
membaca bertambah 10, maka nilai kompetensi mencipta akan bertambah 1,18.
Nilai X dan Y berbanding lurus, artinya semakin besar nilai X maka semakin
besar pula nilai Y dan sebaliknya semakin kecil nilai X maka semakin kecil pula
nilai Y sehingga keterampilan membaca dan kompetensi merespons memiliki
pengaruh yang signifikan.
Kata Kunci: Keterampilan Membaca, Kompetensi Merespons, Mencipta, Siswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 06 Nov 2023 06:27
Last Modified: 06 Nov 2023 06:27
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7697

Actions (login required)

View Item View Item