PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN METAPHORICAL THINKING TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMPIT INSAN MADANI KOTA PALOPO

SAFITRI, NUR (2023) PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN METAPHORICAL THINKING TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMPIT INSAN MADANI KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of NUR SAFITRI.pdf] Text
NUR SAFITRI.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Nur Safitri, 2023, “Penerapan Pembelajaran Pendekatan Metaphorical Thinking
Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMPIT Insan
Madani Kota Palopo” Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika,
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Palopo,
yang dibimbing oleh Lisa Aditya Dwiwansyah Musa dan Megasari.
Skripsi ini mengulas tentang penerapan pembelajaran pemikiran metaforis
atau disebut metaphorical thinking terhadap peningkatan pemahaman konsep
matematika pada siswa SMPIT Insan Madani Kota Palopo. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengevaluasi pemahaman siswa sebelum dan sesudah menerapkan
pendekatan pembelajaran pemikiran metaforis, serta untuk melihat adanya
peningkatan setelah penerapan pendekatan metaphorical thinking siswa kelas VII
level sedang di SMPIT Insan Madani Kota Palopo.
Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-eksperiment design tipe one
group pretest and postest design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan
dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan jumlah 29 orang siswa.
Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah operasi hitung bentuk aljabar.
Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes, dan dokumentasi. Selanjutnya
data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan pemahaman konsep
matematika siswa kelas VII SMPIT Insan Madani Kota Palopo sebelum
menerapkan pendekatan pembelajaran metaphorical thinking menunjukkan hasil
nilai rata-rata 52,41 dapat diklasifikasikan dalam kategori “Cukup”. Namun,
setelah menerapkan pendekatan pembelajaran metaphorical thinking, nilai rata�ratanya sebesar 84,86 lebih baik dari siswa yang menggunakan pembelajaran
konvensional, sehingga dapat diklasifikasikan sebagai kategori “Sangat baik”.
Berdasarkan hasil uji hipotesis, diperoleh nilai signifikasi 0,00 < 0,05 sehingga
dinyatakan H1 diterima yang berarti penerapan pendekatan metaphorical thinking
terbukti efektif dalam peningkatan pemahaman konsep matematika siswa kelas
VII SMPIT Insan Madani Kota Palopo, dimana nilai rata-rata pemahaman konsep
matematika setelah menggunakan pendekatan pembelajaran metaphorical
thinking lebih baik dari nilai rata-rata pemahaman konsep matematika sebelum
menggunakan penerapan pendekatan metaphorical thinking.
Implikasi dan penelitian ini memberikan pandangan tentang dampak positif
dari keterlaksanaan penerapan pendekatan metaphorical thinking terhadap
peningkatan pemahaman konsep matematika siswa serta inovasi pendekatan guru
dalam pembelajaran matematika.
Kata kunci: Metaphorical Thinking, Pemahaman Konsep Matematika

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 06 Nov 2023 07:01
Last Modified: 06 Nov 2023 07:01
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7713

Actions (login required)

View Item View Item