PENERAPAN TEKNIK ICE BREAKING UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA KELAS III SDN 30 RUMAJU, KECAMATAN BAJO, KABUPATEN LUWU

Iramaya, Iramaya (2023) PENERAPAN TEKNIK ICE BREAKING UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA KELAS III SDN 30 RUMAJU, KECAMATAN BAJO, KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of Iramaya.pdf] Text
Iramaya.pdf

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK
Iramaya, 2023. “Penerapan Teknik Ice Breaking untuk Meningkatkan
Konsentrasi Belajar Siswa pada Keterampilan Membaca Kelas III SDN
30 Rumaju Kecamatan Bajo, Kabupaten Luwu”. Skripsi Program Studi
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Pembimbing Nursyamsi
dan Nurul Aswar.
Permasalahan skripsi ini adalah: 1) Bagaimana gambaran penerapan
teknik Ice Breaking untuk meningkatkan konsentrasi dalam pembelajaran
keterampilan membaca siswa kelas III SDN 30 Rumaju? 2) Bagaimana hasil
penerapan teknik Ice Breaking dalam meningkatkan konsentrasi siswa kelas III
SDN 30 Rumaju.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa
dalam pembelajaran keterampilan membaca di kelas III SDN 30 Rumaju melalui
penerapan teknik Ice Breaking. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas
(PTK) yang dilaksanakan selama dua siklus. Desain penelitian ini menggunakan
desain Kurt Lewin yang terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 30 Rumaju yang berjumlah 17
siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, kuesioner,
dokumentasi, dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan permainan Ice Breaking
dapat meningkatkan konsentrasi siswa kelas III SDN 30 Rumaju. Pada Pra
Tindakan rata-rata skor angket konsentrasi siswa 49,88 siklus I 66,23 dan siklus
II 83,76. Hasil observasi aktivitas sebelum adanya tindakan memperoleh hasil
48,65 dalam kategori (Kurang), siklus I hasil observasi aktivitas siswa
memperoleh nilai 65,12 dalam kategori (Cukup) sedangkan siklus II aktivitas
belajar siswa mencapai 85,19 dengan kategori (Baik). Penelitian berhenti pada
siklus II karena hasil yang diperoleh pada siklus II sudah memenuhi kriteria
keberhasilan dalam meningkatkan konsentrasi belajar siswa dalam menerapkan
permainan teknik Ice Breaking di SDN 30 Rumaju.
Kata Kunci: Teknik Ice Breaking, Konsentrasi Belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 07 Nov 2023 02:11
Last Modified: 07 Nov 2023 02:11
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7719

Actions (login required)

View Item View Item