MANAJEMEN MULTIMEDIA BERBASIS SMART TV DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS ( Studi Kasus di MTs Negeri Luwu )

ANWAR, ANWAR (2023) MANAJEMEN MULTIMEDIA BERBASIS SMART TV DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS ( Studi Kasus di MTs Negeri Luwu ). Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of TESIS ANWAR 2023.PDF] Text
TESIS ANWAR 2023.PDF

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK
Anwar, 2023. Manajemen Multimedia Berbasis Smart TV dalam meningkatkan
Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII pada Mata Pelajaran Bahasa
Inggris di MTs Negeri Luwu. Tesis Program Studi Manajemen
Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut
Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Baso Hasyim dan
Muhazzab Said.
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang manajemen
multimedia berbasis Smart TV dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas
VIII pada mata pelajaran bahasa inggris di MTs Negeri Luwu. Penelitian ini
menggunakan metode penelitian kualitatif yang disajikan secara deskriptif
kualitatif. Data penelitian tentang manajemen multimedia berbasis Smart TV ini
diperoleh dari kegiatan wawancara, observasi,dan dokumentasi serta kuisioner agar
hasil penelitian ini lebih akurat terkait motivasi siswa yang dibuat dengan
menggunakan google form. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Siswa
memiliki motivasi belajar tinggi pada mata pelajaran bahasa inggris di MTs Negeri
Luwu ketika guru mengelola atau memanejemeni serta menggunakan multimedia
berbasis Smart TV di dalam kelas.
Manajemen multimedia berbasis Smart TV dilaksanakan dengan beberapa
tahap yaitu: 1) Aspek perencanaan yang meliputi penyesuaian materi,
mempersiapkan sarana/prasarana pendukung serta instalasi perangkat Smart TV dan
jaringan internet. 2) Aspek pelaksanaan yaitu sebelum guru menjelaskan materi hal
yang pertama kali dilakukan adalah mengecek kesediaan alat yang digunakan
seperti Laptop, Smartphone, koneksi jaringan, kelistrikan, serta metode
pembelajaran yang sesuai. 3) Aspek evaluasi yaitu semuanya telah sesuai dengan
prosedur yang ada, baik itu pada aspek perencanaan dan pelaksanaanya, selain itu
multimedia ini sangat membantu para guru menyajikan materi di kelas, adanya
peningkatan motivasi belajar siswa dan proaktif dalam tanya jawab maupun
berdiskusi serta prestasi belajar siswa diatas rata-rata karena materi lebih mudah
dipahami oleh siswa. Dari hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa
manajemen multimedia berbasis Smart TV dapat meningkatkan motivasi belajar
siswa kelas VIII pada mata pelajaran bahasa inggris di MTs Negeri Luwu.
Faktor penghambat dalam manajemen multimedia berbasis Smart TV
adalah jaringan internet yang biasanya tidak stabil, dan aliran listrik yang terkadang
mati sedangkan untuk faktor pendukung dalam manajemen multimedia ini adalah
tersedianya sarana dan prasarana pendukung dalam penggunaan multimedia
berbasis Smart TV ini seperti Wifi Intenet, Speaker aktif, pencahayaan kelas yang
bagus dan selain itu para guru telah mampu mengoperasikan multimedia berbasis
Smart TV ini berkat pelatihan yang telah diikutinya sebelum menggunakannya
didalam kelas.
Kata Kunci : Manajemen, Multimedia berbasis Smart TV, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658 Manajemen Umum
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi S-2 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 07 Nov 2023 04:18
Last Modified: 07 Nov 2023 04:18
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7725

Actions (login required)

View Item View Item