LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAJEMENT UNTUK MENGURANGI PERILAKU TERLAMBAT SISWA DATANG KE SEKOLAH DI SMA NEGERI 10 LUWU UTARA

RISMAWATI, RISMAWATI (2023) LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAJEMENT UNTUK MENGURANGI PERILAKU TERLAMBAT SISWA DATANG KE SEKOLAH DI SMA NEGERI 10 LUWU UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of RISMAWATI.pdf] Text
RISMAWATI.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Rismawati, 2023. Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self�Management Untuk Mengurangi Perilaku Terlambat Siswa
Datang ke Sekolah di SMA Negeri 10 Luwu Utara”. Skripsi
Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam. Fakultas
Ushuluddin, Adab dan Dakwah. Institut Agama Islam Negeri
Palopo. Dibimbing oleh Nuryani dan Amrul Aysar Ahsan.
Skripsi ini membahas tentang Layanan Bimbingan Kelompok Dengan
Teknik Self Management Untuk Mengurangi Perilaku Terlambat Siswa Datang ke
Sekolah di SMA Negeri 10 Luwu Utara. Penelitian ini bertujuan: 1) untuk
mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik self
management dalam mengurangi perilaku terlambat siswa datang ke sekolah. 2)
Untuk mengetahui proses penerapan layanan bimbingan kelompok dengan teknik
self management untuk mengurangi perilaku terlambat siswa datang ke sekolah.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian pre�eksperiment dengan desain penelitian one group pretest-postest design. Populasi
dalam penelitian ini siswa-siswi SMA Negeri 10 Luwu Utara kelas XI yang
berjumlah 170 siswa. Adapun sampel dalam penelitian ini sebanyak 20 siswa yang
dipilih secara simple random sampling. Data diperoleh melalui observasi, kuesioner
(angket) dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan statistik
deskriptif, uji normalitas, dan uji-t menggunakan Paired Sample t Test. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) gambaran perilaku terlambat siswa sebagian
besar berada pada kategori sedang dengan persentase 25%, kategori rendah dengan
persentase 45%, kategori sangat rendah dengan persentase 30%. 2) proses
penerapan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management
dilaksanakan sesuai dengan prosedur yang telah disusun dengan 3 kali pertemuan.
3) hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara teknik
self management dengan perilaku terlambat siswa. Hal ini berdasarkan dari hasil uji
t menggunakan Paired Sample t Test yang menghasilkan nilai thitung 2.540 mean
13.05000, kemudian thitung dibandingkan dengan ttabel dengan ketentuan thitung > ttabel
(2.540 > 1.734), dengan demikian perilaku terlambat siswa mengalami perubahan
setelah diberikan perlakuan berupa layanan bimbingan kelompok dengan teknik self
management dan sig. 0,02 < 0,05. Berdasarkan hal tersebut, maka Ha diterima yang
artinya layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management berpengaruh
dalam mengurangi perilaku terlambat siswa datang ke sekolah.
Kata Kunci : Layanan Bimbingan Kelompok, Self Management, Perilaku
Terlambat

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi S-1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 07 Nov 2023 05:41
Last Modified: 07 Nov 2023 05:41
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7727

Actions (login required)

View Item View Item