ANALISIS PERBANDINGAN KETAHANMALANGAN (ADVERSITY QUOTIENT) ANTARA SISWA YANG TINGGAL DI ASRAMA DENGAN SISWA YANG TIDAK TINGGAL BERASRAMA DI MADRASAH TSANAWIYAH DDI MASAMBA

PADLI, A. AHSANUL (2023) ANALISIS PERBANDINGAN KETAHANMALANGAN (ADVERSITY QUOTIENT) ANTARA SISWA YANG TINGGAL DI ASRAMA DENGAN SISWA YANG TIDAK TINGGAL BERASRAMA DI MADRASAH TSANAWIYAH DDI MASAMBA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of TESIS.pdf] Text
TESIS.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
A. Ahsanul Padli, 2023 “Analisis Perbandingan Ketahanmalangan (Adversity
Quotient) antara Siswa yang Tinggal di Asrama dengan Siswa yang Tidak
Tinggal Berasrama di Madrasah Tsanawiyah DDI Masamba”. Tesis Program
Studi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri
Palopo. Dibimbing oleh Ibu Dr.Hj.St. Marwiyah,M.Ag sebagai Pembimbing I
dan Bapak Dr.H.Haris Kulle,Lc,M.Ag sebagai Pembimbing II.
Tesis ini dilatar belakangi oleh Seseorang yang memanfaatkan
ketahanmalangan secara optimal dalam hidupnya akan dapat mengatasi setiap
persoalan hidupnya tanpa pantang menyerah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk
mengetahui gambaran ketahanmalangan siswa yang berasrama dengan siswa yang
tidak berasrama serta perbedaannya.
Berdasarkan jenis data yang dugunakan dalam penelitian ini penulis
menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan komparatif. Sampel
penelitian ini terdiri dari 30 siswa berasrama dan 30 siswa yang tidak berasrama.
Instrument penelitian dengan angket. Analisis data dengan analisis komparasi
dengan bantuan Spss. Versi 23.
Ketahanmalangan siswa yang berasrama di Madrasah Tsanawiyah DDI
Masamba masuk kategori baik dengan frekuensi sampel 16 orang dan hasil
peresentase 53%. Adapun skor rata-rata yaitu 89.3000. Ketahanmalangan siswa
yang tidak berasrama di Madrasah Tsanawiyah DDI Masamba termasuk dalam
kategori cukup baik dengan frekuensi sampel 14 orang dan hasil peresentase 47%.
Adapun skor rata-rata yaitu 82,5667. Terdapat perbedaan ketahanmalangan siswa
yang berasrama dengan siswa yang tidak berasrama di Madrasah Tsanawiyah
DDI Masamba terlihat dari nilai taraf signifikansi sebesar 0,000 (p=< 0,05).
Selain itu, dapat juga dilihat pada nila t hitung. Jika t hitung > t tabel maka
terdapat perbedaan dari kedua sampel. Berdasarkan tabel di atas dapat dijelaskan
bahwa t hitung (4,147) > t tabel (2.00172). Hal ini juga terlihat pada nilai rata-rata
kedua sampel yaitu ketahanmalangan siswa yang berasrama memiliki nilai rata�rata 89.3000 sedangkan ketahan malangan siswa yang tidak berasraman sebesar
82,5667. Hal ini berarti bahwa ketahanmalangan siswa di DDI Masamba lebih
unggul diperoleh oleh siswa yang berasrama.
.
Kata Kunci: Ketahanmalangan, Asrama, Non Asrama

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658 Manajemen Umum
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi S-2 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 07 Nov 2023 06:57
Last Modified: 07 Nov 2023 06:57
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7736

Actions (login required)

View Item View Item