ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI POLA BILANGAN DI SMPIT WAHDAH ISLAMIYAH PALOPO

RAMADAN, PUPUT SRI RESKI (2023) ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI POLA BILANGAN DI SMPIT WAHDAH ISLAMIYAH PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of PUPUT SRI RESKI RAMADAN.pdf] Text
PUPUT SRI RESKI RAMADAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Puput Sri Reski Ramadan, 2023. “Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan
Soal Matematika Materi Pola Bilangan di SMPIT Wahdah Islamiyah
Palopo”. Skrispi Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah
dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing Oleh
Alia Lestari dan Dwi Risky Arifanti.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar matematika, di
antaranya kesulitan pemahaman konsep, prinsip dan verbal. Subjek dari penelitian
ini adalah siswa kelas VIII 1 SMPIT Wahdah Islamiyah Palopo.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan
pendekatan deskriptif. Adapun subjek penelitiannya sebanyak 3 orang dari 18 orang
siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, soal tes dan
wawancara.
Dari hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa kesulitan yang
dialami oleh siswa di SMPIT Wahdah Islamiyah Palopo adalah kesulitan yang
berkaitan dengan rumus, kesalahan dalam operasi, serta faktor-faktor yang
mempengaruhi kesulitan belajar di SMPIT Wahdah Islamiyah Palopo ialah faktor
internal dan faktor eksternal, yang belum dapat berperan secara optimal sehingga
menyebabkan siswa kesulitan dalam menyelesaikan soal materi pola bilangan.
Kata Kunci : Kesulitan belajar, faktor, matematika

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 10 Nov 2023 00:23
Last Modified: 27 Dec 2023 06:07
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7768

Actions (login required)

View Item View Item