PENGUATAN KEMAMPUAN BACA TULIS PESERTA DIDIK MELALUI LES BACA UFA DI SAMPANO

MUSTAFA, MUSDALIFAH (2023) PENGUATAN KEMAMPUAN BACA TULIS PESERTA DIDIK MELALUI LES BACA UFA DI SAMPANO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of MUSDALIFAH MUSTAFA.pdf] Text
MUSDALIFAH MUSTAFA.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Musdalifah Mustafa, 2023. “Penguatan Kemampuan Baca Tulis Peserta Didik
Melalui Les Baca UFA di Sampano”. Skripsi Program Studi Guru
Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama
Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Firman dan Hisbullah.
Skripsi ini membahas tentang Penguatan Kemampuan Baca Tulis Peserta
Didik di Les Baca UFA Sampano, sebagaimana diketahui bahwa masih ada
beberapa peserta didik di Sekolah Dasar atau Madrasah belum mampu membaca
dan menulis dengan baik, sehingga dibutuhkan alternatif dengan pendampingan
khusus ataupun dengan metode terbaik salah satunya di Les Baca UFA. Tujuan
penelitian untuk mengetahui penerapan pembelajaran di Les Baca UFA Sampano,
mengetahui hasil belajar peserta didik yang telah melalui pembelajaran di Les
Baca UFA Sampano serta mampu memahami respon guru dan orang tua terhadap
kemampun baca tulis peserta didik setelah dibimbing di Les Baca UFA Sampano.
Jenis penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan kualitatif yaitu jenis
penelitian yang dilakukan dengan menggunakan latar alamiah dengan melibatkan
metode secara sistematik dan akurat pada metode pembelajaran di Les Baca UFA.
Adapun instrumen penelitiannya adalah peneliti sendiri dengan melibatkan alat
bantu yang digunakan peneliti agar bisa mendapatkan data secara benar dan akurat
berupa handphone, dan alat tulis. Tehnik pengumpulan data melalui observasi
atau pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan
teknik trianggulasi agar dapat dipertanggungjawabkan. Analisis penelitian ini
melalui langkah kondensasi data atau menyederhanakan data, langkah penyajian
data dan berakhir pada langkah penarikan simpulan serta verifikasi data untuk
memberikan makna yang tepat dan mendalam terhadap data yang telah diperoleh.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran di Les Baca UFA membuat
peserta didik semakin antusias dan semangat dalam belajar utamanya dalam hal
baca tulis, pada pembelajaran menulis dan membaca mengalami peningkatan yang
signifikan. Respon guru di sekolah dan orang tua terhadap kemampuan baca tulis
siswa setelah dibimbing di Les Baca UFA sangat terbantu, guru merasa mudah
memberi pelajaran selanjutnya setelah anak mahir dalam menulis dan lancar
membaca. Implikasi dalam penelitian ini dengan penggunaan metode
pembelajaran di Les Baca UFA juga sangat berguna sebagai masukan bagi para
guru dan calon guru untuk meningkatkan kemampuan belajar dan prestasi siswa
di sekolah dasar.
Kata Kunci: Les baca UFA, menulis, membaca

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 10 Nov 2023 00:26
Last Modified: 10 Nov 2023 00:26
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7772

Actions (login required)

View Item View Item