PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI HUKUM WARIS DALAM ISLAM SISWA KELAS XI MAS WATHANIYAH BELOPA KAB. LUWU

JUFRIADI, JUFRIADI (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI HUKUM WARIS DALAM ISLAM SISWA KELAS XI MAS WATHANIYAH BELOPA KAB. LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Jufriadi.pdf] Text
Jufriadi.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Jufriadi, 2023.“Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbasis Project
Based Learning Pada Materi Hukum Waris Dalam Islam Siswa
Kelas XI MAS Wathaniyah Belopa Kab. Luwu”.Skripsi Program
Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh:
Dr.Hj.A.Riawarda, M.Ag dan Abdul Rahim Karim, S.Pd.,M.Pd.
Skripsi ini membahas tentang Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta
Didik Berbasis Project Based Learning Pada Materi Hukum Waris Dalam Islam
Siswa Kelas XI MAS Wathaniyah Belopa Kab. Luwu. Penelitian ini bertujuan: 1)
Mendeskripsikan kevalidan lembar kegiatan peserta didik berbasis project based
learning yang dikembangkan pada materi hukum waris dalam islam kelas XI
siswa MAS Wathaniyah Belopa Kab. Luwu. 2) Mendeskripsikan kepraktisan
lembar kegiatan peserta didik berbasis porject based learning terhadap peserta
didik yang dikembangkan pada materi hukum waris dalam islam kelas XI siswa
MAS Wathaniyah Belopa Kab. Luwu. 3) Mendeskripsikan keefektifan lembar
kegiatan peserta didik berbasis project based learning yang dikembangkan pada
materi hukum waris dalam islam kelas XI siswa MAS Wathaniyah Belopa Kab.
Luwu.
Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (research development)
yang menghasilkan bahan ajar lembar kegiatan peserta didik. Untuk tingkat
kevalidan lembar kegiatan peserta didik di validasi oleh tim ahli/validator,begitu
pula dengan angket respon guru, angket respon pesrta didik dan tes hasil belajar.
Untuk analisis data hasil belajar untuk mengetahui tingkat keefektifan
penggunaan lembar kegiatan peserta peserta didik menggunakan perbandingan
rata-rata pretest dan posttes dengan menggunakan rumus N-gain dan untuk
menguji kepraktisan penggunaan lembar kegiatan peserta didik dengan
menggunakan persentasi respon peserta didik terhadap penggunaan lembar
kegiatan peserta didik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Lembar kerja peserta didik yang
dikembangkan dinilai sangat layak digunakan sebagai sumber belajar pada mata
pelajaran fikih. Hal tersebut ditinjau berdasarkan hasil penilaian ahli materi, ahli
media dan respon peserta didik. 2) Kepraktisan penggunaan lembar kerja peserta
didik dalam materi hukum waris dalam islam mata pelajaran fikih di MAS
Wathaniyah Belopa kelas XI menghasilkan rata-rata 86,7% yang memberikan
respon berada pada kategori skor 81%-100% dengan kriteria sangat praktis. 3)
Lembar kerja peserta didik yang dikembangkan dinilai efektif dalam
meningkatkan pemahaman hukum waris dalam islam peserta didik dilihat dari
rata-rata preetest padamateri hukum waris dalam islam dengan skor sebesar 57,36
meningkat drastis pada tes hasil belajar dengan skor rata-rata posttest sebesar
91,24 dengan nilai gain 0,79.
Kata Kunci: Pengembangan, Lembar Kerja Peserta Didik, Problem Based
Learning

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 10 Nov 2023 00:41
Last Modified: 27 Dec 2023 06:04
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7775

Actions (login required)

View Item View Item