MANAJEMEN PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 3 PALOPO

Harun, Ahmad (2023) MANAJEMEN PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 3 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Ahmad Harun.pdf] Text
Ahmad Harun.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Ahmad harun, 2023. ''Manajemen Peserta Didik di Sekolah Menengah Kejuruan
Negeri 3 Palopo" Skripsi Program Studi Manajemen
Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Institusi Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh
Hisban Thaha dan Tasdin Tahrim.
Skripsi ini membahas tentang manajemen peserta didik di SMK Negeri 3
Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan manajemen
peserta didik, dan mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat
pelaksanaan manajemen peserta didik di SMK Negeri 3 Palopo.
Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan pendekatan
deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi,
wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini yaitu kepala sekolah, Wakasek
kesiswaan, Wakasek kurikulum, guru, staf dan peserta didik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) Gambaran pelaksanaan
manajemen peserta didik di SMK Negeri 3 Palopo. Manajemen peserta didik di
SMK Negeri 3 Palopo berjalan sesuai dengan berpedoman pada Juknis dari Dinas
Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan yang dipadukan dengan Juknis dinas
perhubungan kementrian kelautan dan perikanan. Dalam pelaksanaan terdapat
beberapa indikator manajemen peserta didik di SMK Negeri 3 Palopo seperti: (a)
Perencanaan peserta didik, (b) Penerimaan peserta didik, (c) Orientasi peserta
didik, (d) kehadiran peserta didik, (e) Pengelompokan peserta didik, (f) Evaluasi
belajar peserta didik, (g) Kenaikan tingkat peserta didik, (h) Mutasi dan drop out
peserta didik, dan (i) Tata tertib peserta didik. (2) Faktor pendukung dalam
pelaksanaan manajemen peserta didik meliputi; terlaksananya sembilan tahap
manajemen peserta didik, adanya visi dan misi sekolah, guru dan staf karyawan
sesuai dengan latar belakang pendidikan, dan tersedianya sarana prasarana
sekolah. Adapun faktor penghambat dalam pelaksanaan manajemen peserta didik
meliputi; Pertama, ada banyaknya persaingan dari sekolah-sekolah swasta, dengan
begitu potensi peserta didik yang akan mendaftarkan dirinya berkurang. Kedua,
jauhnya akses SMK Negeri 3 Palopo dengan pusat kota, hal ini mengakibatkan
informasi sulit diketahui oleh calon peserta didik yang berasal dari SMP/sederajat
sekitar. Ketiga, terbatasnya jurusan yang tersedia, tentu ini menjadi pertimbangan
bagi calon peserta didik untuk mendaftarkan dirinya di SMK Negeri 3 Palopo.
Kata kunci: Pendidikan, manajemen, peserta didi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658 Manajemen Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 10 Nov 2023 01:18
Last Modified: 27 Dec 2023 05:55
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7781

Actions (login required)

View Item View Item