FAKTOR-FAKTOR KESULITAN TENAGA PENDIDIK DALAM MENGGUNAKAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DAN UPAYA MENGATASINYA DI SMAN 14 LUWU UTARA

ASRIANA, ASRIANA (2023) FAKTOR-FAKTOR KESULITAN TENAGA PENDIDIK DALAM MENGGUNAKAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DAN UPAYA MENGATASINYA DI SMAN 14 LUWU UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ASRIANA.pdf] Text
ASRIANA.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Asriana, 2023 “Faktor-Faktor Kesulitan Tenaga Pendidik Menggunakan Teknologi
Informasi dan Komunikasi dan Upaya Mengatasinya di SMAN 14 Luwu
Utara”. Skripsi Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah
dan Ilmu Kependidik an Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh
Dr. H. Alauddin, M.A. selaku pembimbing I, Ali Naharuddin Tanal, S.Pd.I.,
M.Pd. Selaku pembimbing II.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih adanya beberapa pendidik dalam
mengajar tidak menggunakan teknologi informasi, dalam hal ini tidak menggunakan
atau memanfaatkan alat-alat elektronik seperti komputer atau laptop, mengisi nilai
secara manual tanpa input atau output data di SMAN 14 Luwu Utara sehingga penulis
ingin meneliti lebih dalam mengenai faktor yang menjadi kesulitan tenaga pendidik
dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi di sekolah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami bagaimana tuntutan
pekerjaan Tenaga pendidik di SMAN 14 Luwu Utara. Kendala dan kesulitan yang
dihadapi oleh Tenaga pendidik dalam upaya pelaksanaan tuntutan pekerjaan yang
menggunakan teknologi informasi dan komunkasi serta upaya yang dilakukan untuk
mengatasi kesulitan yang dihadapi oleh tenaga pendidik dalam melaksanakan tuntutan
pekerjaan di SMAN 14 Luwu Utara. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif
deskriptif Dengan teknik Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan
dokumentasi dengan analisis data menggunakan reduksi data penyajian data dan
penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tuntutan pekerjaan tenaga pendidik di
SMAN 14 Luwu Utara telah dihadapi dengan baik. Para tenaga pendidik telah mampu
menjalankan tugas-tugas mereka sesuai dengan tupoksi masing-masing dan dengan
fokus pada kemajuan pendidikan dan pengembangan sekolah. Dua kendala utama yang
sering dihadapi adalah kendala jaringan internet yang tidak stabil dan media TIK yang
tidak memadai. Upaya yang dilakukan dalam mengatasi kendala dan kesulitan adalah
pelatihan bagi tenaga pendidik dalam penggunaan TIK. Melalui pelatihan ini, tenaga
pendidik diberikan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk
mengintegrasikan teknologi dalam proses pembelajaran. Mereka diberikan
pemahaman tentang aplikasi dan perangkat lunak pendidikan yang relevan, serta
strategi pengajaran yang inovatif dengan menggunakan TIK.
Kata Kunci: Tenaga Pendidik, Teknologi informasi dan komunikasi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 620.006 Manajemen Teknik
600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658 Manajemen Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 10 Nov 2023 01:57
Last Modified: 28 Dec 2023 00:01
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7789

Actions (login required)

View Item View Item