PENGARUH PELAKSANAAN MANAJEMEN FULL DAY SCHOOL TERHADAP KARAKTER PESERTA DIDIK KELAS X DAN XI IPA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 9 LUWU

SULHIJRAH, SULHIJRAH (2023) PENGARUH PELAKSANAAN MANAJEMEN FULL DAY SCHOOL TERHADAP KARAKTER PESERTA DIDIK KELAS X DAN XI IPA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 9 LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of SULHIJRAH.PDF] Text
SULHIJRAH.PDF

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK
Sulhijrah, 2023. “Pengaruh Pelaksanaan Manajemen Full Day School Terhadap
Karakter Peserta Didik Kelas X dan XI IPA di Sekolah Menengah Atas Negeri 9
Luwu “. Skipsi Program Studi Manajemen Pendidika Islam Fakultas Tarbiyah dan
Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Hisban Thaha
dan Nur Rahmah.
Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Pelaksanaan Manajemen Full Day School
Terhadap Karakter Peserta Didik di Sekolah Menengah Atas Negeri 9 Luwu.
Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan manajemen full
day school di Sekolah Menengah Atas Negeri 9 Luwu, untuk mengetahui
bagaimana karakter peserta didik di Sekolah Menengah Atas Negeri 9 Luwu, untuk
mengetahui bagaimana pengaruh pelaksanaan manajemen full day school terhadap
karakter peserta didik di Sekolah Menengah Atas Negeri 9 Luwu.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantatif dengan desan penelitian ex
post facto. Adapun jumlah populasi seluruh kelas X IPA A, B dan XI IPA A, B
berjumlah 133 orang dengan pengambilan sampel menggunkan rumus Slovin. Jadi
sampel yang digunakan 57 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan
angket dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis
statitistik deskriptif, analisis statistik inferansial, analisis regresi linear sederhana,
uji hipotesis, dan koefisien determinasi menggunakan bantuan Microsoft excel dan
SPSS version 23 for windows.
Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan manajemen full day
school di Sekolah Menengah Atas Negeri 9 Luwu berada pada kategori sangat baik
dengan nilai rata-rata persentase sebesar 35% dari 57 peserta didik yang dijadikan
sebagai responden; 2) Karakter peserta didik di Sekolah Menengah Atas Negeri 9
Luwu 9 Luwu berada pada kategori sangat baik dengan nilai rata-rata persentase
sebesar 44%; 3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara pelaksanaan manajemen
full day school terhadap karakter peserta didik di Sekolah Menengah Atas Negeri 9
Luwu 9 Luwu sebesar 43,2% sedangkan sisanya 56,8% dipengaruhi oleh variabel
lain yang diteliti dalam penelitian ini dan nilai signifikansi sebesar 0,00 < 0,05.
Kata Kunci: Manajemen, Full Day School, Karakter

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658 Manajemen Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 10 Nov 2023 02:10
Last Modified: 27 Dec 2023 23:55
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7792

Actions (login required)

View Item View Item