PERSEPSI PENGUSAHA UMKM TERHADAP PERAN BANK SYARIAH DI KOTA PALOPO

DARWIS, DIAN SAPUTRI (2022) PERSEPSI PENGUSAHA UMKM TERHADAP PERAN BANK SYARIAH DI KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of DIAN SAPUTRI DARWIS.pdf] Text
DIAN SAPUTRI DARWIS.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Dian Saputri Darwis, 2022 .“Persepsi Pengusaha UMKM Terhadap Peran Bank
Syariah Di Kota Palopo” Skripsi Program studi
Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Islam Institut Agama Islam Negeri Palopo dibawah
Bimbingan Muzayyanah Jabani
Persepsi merupakan proses diterimanya stimulusoleh individu melalui alat
indra atau juga proses sensoris. Indikator yang digunakan adalah Penerimaan dan
evaluasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Persepsi Pengusaha
UMKM Terhadap Peran Bank Syariah di Kota Palopo dan upaya yang dilakukan
bank syariah dalam mengoptimalkan perannya terhadap UMKM. Peneltian ini
menggunakan metode kuantitatif Deskriptif yaitu dengan penyajian hasil
penelitian dalam bentuk angka-angka dan penjelasan deskriptif.
Peneliti menggunakan pengumpulan data melalui angket/kuesioner atau
pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti dengan cara terjun langsung ke
lapangan untuk pengumpulan data-data atau dokumen-dokumen yang dapat
memberikan gambaran tentang lokasi dan obyek. Populasi dari penelitian ini
adalah pelaku UMKM di Kota Palopo. Sampel dalam penelitian ini adalah 10
responden. Penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling dengan
metode purposive sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
adalah data primer yang diperoleh dari pengisian kuesioner yang dilakukan oleh
responden.
Berdasarkan hasil penelitian responden mengatakan bahwa sosialisasi
yang dilakukan oleh Bank Syariah sudah cukup bagus dan baik dimana Bank
Syariah mulai banyak menggunakan platform seperti sosial media untuk
mempromosikan produk mereka khususnya pada produk UMKM sehingga mudah
untuk dipahami dan mudah mendapatkan informasi lainnya tanpa harus datang ke
Bank Syariah tersebut dikarenakan nasabah bisa mengakses informasi terkini
mengenai Bank Syariah dengan menggunakan smartphone. Terdapat responden
dari Bank Syariah, yang mengatakan bahwa sosialisasi dari Bank Syariah sangat
minim, sehinggga tidak terlalu mengetahui bagaimana sistem operasional Bank
Syariah dalam menyalurkan dana untuk para pengusaha UMKM dan juga jasajasa
lainnya yang ada di Bank Syariah. Peran Bank Syariah sudah sangat jelas
membantu masyarakat karena dengan adanya Bank Syariah masyarakat setempat
yang ingin membuka usaha seperti saya ini bisa meminjam dana sesuai dengan
kebutuhan. Dan juga jaminan yang dibutuhkan tidak selalu tentang asset yang
nilainya tinggi. Karena bisa juga menggunakan peralatan dagang sebagai jaminan
untuk pinjaman.
Kata Kunci : Persepsi, Bank Syariah, UMKM

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 332.1 Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Perbankan Syariah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 10 Nov 2023 02:22
Last Modified: 15 Nov 2023 01:32
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7794

Actions (login required)

View Item View Item