ANALISIS FAKTOR KECANDUAN GAME ONLINE SISWA KELAS IX DI MTsN PALOPO

AZIZAH, NUR (2023) ANALISIS FAKTOR KECANDUAN GAME ONLINE SISWA KELAS IX DI MTsN PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Skripsi Nurazizah BKI B.pdf] Text
Skripsi Nurazizah BKI B.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
NUR AZIZAH, 2022. “ Analisis Faktor Kecanduan Game online Siswa Kelas IX
Di MTsN Palopo”. Skripsi Program Studi Bimbingan dan Konseling
Islam. Fakultas Ushuluddin Adab dan dakwah. Institut Agama Islam
Negeri (IAIN) Palopo. Dibimbing oleh Syahruddin dan Amrul Aysar
Ahsan.
Skripsi ini membahas tentang pengguna game online yang bukan hanya dari
kalangan orang dewasa saja, akan tetapi mayoritas pengguna adalah
anak-anak dan remaja. Banyak remaja yang berpartisipasi dalam
permainan game online, termasuk remaja yang bersekolah di MTsN Palopo
Dalam mengurangi faktor kecanduan game yang dialami oleh siswa MTsN
Palopo maka diperlukan pemahaman akan dampak negatif yang ditimbulkan
dari penyalahgunaan permainan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah: 1.
Untuk mengetahuin apa saja yang membuat kecanduan game online pada
kelas IX MTsN Palopo. 2. Untuk mengetahui faktor apa saja yang dominan
mempengaruhi kecanduan game online pada siswa kelas IX MTsN Palopo. 3.
Untuk Mengetahui dan mendeskripsikan realita pengguna game online pada
siswa kelas IX MTsN Palopo. Metode penelitian yang digunakan adalah
kualitatif deskriptif. Diartikan diperolehnya pemahaman mendalam yang
sesuai dengan keadaan, kenyataan yang sesuai dengan fenomena yang terjadi,
untuk selajutnya diselidiki dan dihasilkannya sebuah teori. Adapun subjek
penelitian ini terhadap 6 siswa kelas IX I dan 1 guru BK di MTsN Palopo.
Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data berupa Observasi,
Wawancara, dan Dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1.
Faktor-faktor yang mempengaruhi kecanduan game online, adanya komponen
sosial ialah fasilitas yang diberikan orang tua kepada anaknya untuk
memainkan game online berupa handphone dan jaringan internet serta adanya
dukungan dari teman sebayanya. 2. Tingkat penghayatan/fokus siswa tersebut
sudah berlebihan dari sekedar menghibur diri dari kesunyian sehingga siswa
ingin memainkan game online secara terus menerus. 3. Frekuensi bermain
game online siswa yang lebih dari 2 jam dalam sehari menyebabkan adanya
kecanduan game online serta karena adanya pencapaian kemenangan
membuat siswa memainkan game online secara terus menerus sampai mereka
mencapai kemenangan. 4. Pada kelas IX I 4 dari 6 siswa yang bermain game
online termasuk pada kategori kecanduan game online tinggi, adapun 1 dari 6
siswa yang bermain game online teremasuk pada kategori kecanduan game
online sedang, dan 1 dari 6 siswa juga termasuk pada kategori kecanduan
game online rendah.
Kata Kunci: Faktor Kecanduan Game online.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.4 Bimbingan Siswa dan Penyuluhan, Konseling Sekolah
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi S-1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 10 Nov 2023 04:06
Last Modified: 10 Nov 2023 04:06
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7809

Actions (login required)

View Item View Item