UPAYA GURU BIMBINGAN KONSELING MENANGGULANGI PERILAKU BOLOS SISWA DI SMP NEGERI 3 BAJO

HASTUTI, HASTUTI (2023) UPAYA GURU BIMBINGAN KONSELING MENANGGULANGI PERILAKU BOLOS SISWA DI SMP NEGERI 3 BAJO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of HASTUTI.pdf] Text
HASTUTI.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
HASTUTI, 2022, “Upaya Guru Bimbingan Konseling Menanggulangi Perilaku Bolos
Siswa di SMP Negeri 3 Bajo”. Skripsi Program Studi Bimbingan dan
Konseling Islam Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah Institut Agama
Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh H. Rukman A.R. Said dan Abdul
Mutakabbir.
Skripsi ini membahas tentang Upaya Guru Bimbingan Konseling Menanggulangi
Perilaku Bolos di SMP Negeri 3 Bajo, untuk mengetahui penyebab perilaku bolos,
dampaknya, dan upaya guru bimbingan konseling menanggulangi perilaku bolos di
SMP Negeri 3 Bajo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan
menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan psikologis dan komunikasi.
Metode pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara dan dokumentasi.
Analisis data yaitu dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 2 faktor yang
mempengaruhi terjadinya perilaku kenakalan siswa yaitu faktor internal dari diri siswa
itu sendiri dan faktor eksternal yaitu orang tua, teman sebaya dan lingkungan sekolah.
Adapun dampak yang ditimbulkan dari perilaku bolos yaitu gagal dalam ujian,
ketinggalan dalam pelajaran, memperoleh nilai jelek dan tidak naik kelas, sehingga hal
tersebut yang menyebabkan siswa menagalami kegagalan dalam belajar. Beberapa
upaya guru bimbingan dan konseling di SMP Negeri 3 Bajo dalam mencegah perilaku
bolos yaitu membangun hubungan yang baik dengan siswa yaitu hubungan yang
suportif, memberikan wawasan dan pemahaman tentang perkembangan remaja
terutama yang berkaitan dengan aspek-aspek psikologis, memberikan edukasi positif
kepada siswa terkait dampak yang didapatkan dari perilaku bolos remaja, membuat
aturan yang tegas serta membangun komunikasi yang efektif kepada siswa terkait
dengan dampak yang didapatkan dalam perilaku bolos. Sedangkan upaya guru
bimbingan dan konseling di SMP Negeri 3 Bajo dalam menangani bolos yaitu
memanggil secara pribadi, serta menanyakan kepada siswa apa yang dialaminya
kenapa melakukan bolos dan membantu mencari solusinya, melakukan pendekatan
terhadap siswa, pendekatan yang dilakukan berupa menjelaskan akibat dari perilaku
bolos serta menasehati siswa agar tidak mengulangi perilaku bolos tersebut,
membangun hubungan yang baik dengan siswa seperti menjalin komunikasi yang baik
antara guru dan siswa karena dengan ini akan lebih terbuka dan berani menyampaikan
pendapatnya atau tidak sungkan meminta bantuan guru, berikap tegas dengan siswa.
Kata kunci: Upaya Guru BK, Bolos, SMP Negeri 3 Bajo

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.4 Bimbingan Siswa dan Penyuluhan, Konseling Sekolah
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi S-1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 10 Nov 2023 04:37
Last Modified: 15 Nov 2023 01:22
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7814

Actions (login required)

View Item View Item