STRATEGI RASIONAL PELAKU UMKM PENGGUNA LAYANAN MITRA GO FOOD (STUDI DESKRIPTIF PADA PELAKU UMKM KULINER AYAM GEPREK DI KOTA PALOPO)

ASTIKA, ASTIKA (2023) STRATEGI RASIONAL PELAKU UMKM PENGGUNA LAYANAN MITRA GO FOOD (STUDI DESKRIPTIF PADA PELAKU UMKM KULINER AYAM GEPREK DI KOTA PALOPO). Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ASTIKA.pdf] Text
ASTIKA.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Astika, 2022.“Strategi Rasional Pelaku UMKM Pengguna Layanan Mitra Go
Food (Studi Deskriptif Pada Pelaku UMKM Kuliner Ayam Geprek
Di Kota Palopo)”.Skripsi Program Ekonomi Syariah Fakultas
Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri
Palopo.Dibimbing oleh Muh. Ruslan Abdullah.
Skripsi ini membahas tentang Strategi Rasional Pelaku UMKM Pengguna
Layanan Mitra Go Food (Studi Deskriptif Pada Pelaku UMKM Kuliner Ayam
Geprek Di Kota Palopo). Penelitian bertujuan untuk mengkaji mengapa layanan
mitra Go Food sangat dibutuhkan bagi pelaku usaha UMKM kuliner ayam geprek,
untuk menerapkan strategi rasional bagi pelaku UMKM kuliner ayam geprek, dan
memanfaatkan sumber daya yang dapat di akses dalam pengembengan bagi
pelaku usaha ayam geprek di Kota Palopo.
Penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan deskriptif
kualitatif.Sumber data pada penelitian ini diperoleh dari sumber data primer dan
data sekunder dengan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara.Instrument
penelitian ini atau alat yang digunakan untuk mengambil data dalam penelitian
adalah hanphone untuk dokumntasi serta untuk rekam suara.Teknin analasis data
yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan
atau verifikasi data.
Dari hasil penelitian ini yang pertama, Layanan Mitra Go Food Sangat di
butuhkan bagi Pelaku Usaha UMKM Kuliner ayam geprek di kota Palopo untuk
mengembangkan usahanya karena melalui Go-Food usaha kulinernya dapat
tersebar luas dapat dikenali di semua penjuru kota Palopo bahkan di luar kota
Palopo. Dahulunya hanya mempromosikan hasil produknya secara tradisional dari
mulut-kemulut seiring waktu jaman sudah modern dan para pengusaha kuliner
ayam geprek di kota palopo memtuskan untuk bergabung dengan layanan Go
Food untuk mendaptkan keuntungan yang maksimal. Dan yang kedua penerepan
strategi rasional yaitu mempromisikan produk melalui medial sosial seperti
Whatsapp, Instgram dan Facebook dan promosi dari Gojek dengan layanan Go
Food untuk mengembangkan sebuah usaha dan memperoleh keuntungan yang
maksimal dan memanfaatkan rumah sebagai tempat usaha.
Kata Kunci :Pelaku UMKM Ayam Geprek, Layanan Go Food, Strategi Rasional.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 10 Nov 2023 06:29
Last Modified: 22 Nov 2023 01:36
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7816

Actions (login required)

View Item View Item