PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN TRADISONAL ENGKLEK DALAM MENGUATKAN PEMAHAMAN LITERASI BACA PESERTA DIDIK KELAS III SDN 41 BATU PUTIH KOTA PALOPO

TASIAH, NADIAH (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN TRADISONAL ENGKLEK DALAM MENGUATKAN PEMAHAMAN LITERASI BACA PESERTA DIDIK KELAS III SDN 41 BATU PUTIH KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of NADIAH TASIAH.pdf] Text
NADIAH TASIAH.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK
Nadiah Tasiah, 2023. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis
Permainan Tradisional dalam Menguatkan Pemahaman Literasi Baca
Peserta Didik kelas III SDN 41 Batu Putih Kota Palopo” Skripsi Program
Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Sukirman
Nurdjan dan Hisbullah.
Skripsi ini membahas mengenai penelitian pengembangan media
pembelajaran berbasis permainan tradisional dalam menguatkan pemahaman
literasi baca peserta didik kelas III SDN 41 Batu Putih Kota Palopo. Penelitian ini
bertujuan untuk: Untuk mengetahui kebutuhan media pembelajaran berbasis
permainan tradisional dalam menguatkan pemahaman literasi baca peserta didik;
Untuk mendeskripsikan desain pengembangan media pembelajaran berbasis
permainan tradisional dalam menguatkan pemahaman literasi baca peserta didik;
untuk mengetahui tingkat validasi media pembelajaran berbasis permainan
tradisional dalam menguatkan pemahaman literasi baca peserta didik; Untuk
mengetahui praktikalitas media pembelajaran berbasis permainan tradisional
dalam menguatkan pemahaman literasi pada peserta didik.
Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian pengembangan
atau Reseacrh and Development (R & D) dengan model pengembangan ADDIE.
Model pengembangan ADDIE terdiri dari 5 tahapan yaitu: (1) tahap analyze, (2)
tahap design, (3) tahap development, (4) tahap implementasi, dan (5) tahap
evaluasi. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun 2023 dengan Subjek
penelitiannya adalah 16 peserta didik pada kelas III SDN 41 Batu Putih Kota
Palopo. Sedangkan objek penelitian adalah media pembelajaran berbasis
permainan tradisional engklek. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah wawancara dan pemberian angket kepada peserta didik dan tenaga
pendidik. Kemudian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif.
Penelitian ini menghasilkan produk berupa media pembelajaran berbasis
permainan tradisional yang divalidasi oleh 3 validator yaitu validator media
dengan nilai 93% (sangat valid), validator materi sebesar 94% (sangat valid), dan
validator bahasa sebesar 84% (sangat valid). Serta persentase rata-rata nilai dari
ketiganya sebesar 90,33% (sangat valid). Untuk hasil uji kepraktisan guru
diperoleh nilai sebesar 95% (sangat praktis) dan hasil uji kepraktisan peserta didik
diperoleh dengan nilai sempurna yaitu 100% (sangat praktis).
Kata kunci : Media Pembelajaran, Permainan Tradisional, Literasi Baca

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 10 Nov 2023 07:45
Last Modified: 10 Nov 2023 07:45
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7825

Actions (login required)

View Item View Item