EFEKTIVITAS PENERAPAN STRATEGI POSTER SESSION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 ANGKONA

Nurhamirah, Nurhamirah (2023) EFEKTIVITAS PENERAPAN STRATEGI POSTER SESSION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 ANGKONA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of Nurhamirah.pdf] Text
Nurhamirah.pdf

Download (24MB)

Abstract

ABSTRAK
Nurhamirah, 2023, Efektivitas Penerapan Strategi Poster Session untuk
Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif pada Pembelajaran
Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Angkona. Skripsi Program
Studi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo. Dibimbing oleh
Muhammad Hajarul Aswad A. dan Arsyad L.
Skripsi ini membahas tentang efektivitas penerapan strategi pembelajaran
poster session untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII di
SMP Negeri 4 Angkona. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan
berpikir kreatif siswa yang tidak menggunakan strategi pembelajaran poster session
dan yang menggunakan strategi pembelajaran poster session. Penelitian ini juga
bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran poster session efektif
meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran matematika di
kelas VII SMP Negeri 4 Angkona.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimen tipe nonequivalent
control group design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah sampel
jenuh, dengan jumlah sampel sebanyak 22 siswa. Data diperoleh melalui tes, obsevasi
dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan
statistik inferensial.
Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat peningkatan yang signifikan pada
rata-rata skor post-test, dimana rata-rata skor pre-test termasuk dalam kategori kurang
kreatif dan rata-rata skor post-test termasuk dalam kategori kreatif. Berdasarkan
perhitungan rata-rata kedua data tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa nilai
signifikan < 0,05 yang artinya strategi poster session efektif dalam meningkatkan
kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran matematika.
Kata Kunci: Strategi Poster Session, Kemampuan Berpikir Kreatif

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 10 Nov 2023 08:00
Last Modified: 10 Nov 2023 08:00
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7827

Actions (login required)

View Item View Item