PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MEMBACA INTENSIF BERBASIS FLIPBOOK PADA SISWA KELAS III SDN 24 TEMMALEBBA PALOPO

SRI, SRI (2023) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MEMBACA INTENSIF BERBASIS FLIPBOOK PADA SISWA KELAS III SDN 24 TEMMALEBBA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of SRI.pdf] Text
SRI.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK
Sri, 2023. "Pengembangan Modul Pembelajaran Membaca Intensif Berbasis
Flipbook Pada Siswa Kelas III SDN 24 Temmalebba Palopo". Skripsi
Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah
dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh
Edhy Rustan dan Kartini
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan modul pembelajaran
membaca intensif berbasis flipbook pada siswa kelas III di SDN 24 Temmalebba
Palopo, mengetahui rancangan modul pembelajaran membaca intensif berbasis
flipbook pada siswa kelas III di SDN 24 Temmalebba Palopo, mengetahui
validitas modul pembelajaran membaca intensif berbasis flipbook pada siswa
kelas III di SDN 24 Temmalebba Palopo, mengetahui kepraktisan modul
pembelajaran membaca intensif berbasis flipbook pada siswa kelas III di SDN 24
Temmalebba Palopo. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and
Development (R&D) dengan memodifikasi tahapan-tahapan pengembangan
ADDIE terdiri 4 tahap yaitu: Analisis, desain, develop, implementasi. Dilakukan
di SDN 24 Temmalebba Palopo, subjek penelitian yaitu guru dan siswa kelas III.
Teknik pengumpulan data yaitu, observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menyatakan siswa lebih suka belajar menggunakan handphone, laptop,
PC, model tugas pilihan ganda, jenis cerita yang disukai cerita pendek bertemakan liburan
dan banyak warna. Produk yang dikembangkan berupa modul pembelajaran
membaca intensif berbasis flipbook. Modul yang telah dikembangkan divalidasi
oleh 2 validator diantaranya: validator media dan validator materi memperoleh
nilai 83% kategorikan sangat valid. Kepraktisan modul memperoleh hasil 88%
kategori sangat praktis. Hasil tersebut menunjukkan modul pembelajaran sangat
praktis dalam membantu siswa memahami materi pembelajaran.
Kata kunci: Modul Digital, Membaca Intensif, flipbook, Kelas III Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 13 Nov 2023 01:02
Last Modified: 21 Nov 2023 07:00
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7831

Actions (login required)

View Item View Item