EFISIENSI WHATSAPP SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII SMPN 8 PALOPO

RANI, RANI (2022) EFISIENSI WHATSAPP SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII SMPN 8 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of RANI.pdf] Text
RANI.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
xxvi
Rani, 2022.“Efisiensi WhatsApp Sebagai Media Pembelajaran pada Mata
Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII SMPN 8
Palopo”.Program Studi Pendidikan Agama Islam Fukultas Tarbiyah Dan
Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo. Dibimbing
oleh Fauziah Zainuddin dan Hasriadi
Skripsi membahas tentang Efisiensi WhatsApp Sebagai Media
Pembelajaran pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII SMPN 8
Palopo. Penelitian bertujuan: 1) Untuk mengetahui bagaimana proses
pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII SMPN 8 Palopo
dengan menggunakan WhatsApp sebagai media pembelajaran, 2) Untuk
mengetahui apakah efisien mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas
VIII SMPN 8 Palopo dengan menggunakan WhatsApp sebagai media
pembelajaran.
Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian
deskriftif, instrument penelitian menggunakan tiga pedoman, wawancara,
observasi dan dokumentasi, teknik pengumpulan data penelitian perpustakaan dan
penelitian lapangan. Adapun subjek penelitian guru Pendidikan Agama Islam dan
siswa kelas VIII SMPN 8 Palopo, pemeriksaan keabsaan data menggunakan
trigulasi teknik dan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data
dan penarikaan kesimpulan.
Hasil penelitian 1) Proses mata pelajaran Pendidikan Agama Islam SMPN
8 Palopo dengan menggunakan WhatsApp sebagai media pembelajaran yaitu yang
dilakukan guru dalam proses pembelajaran mempersipkan perencanaan seperti
Group WhatsApp, RPP online, materi dan absensi, pelaksanaan dalam kegiatan
pembelajaran yang memuat di dalam suatu kegiatan pembuka, inti dan penutup.
Proses pembelajaran melalui media WhatsApp sudah berjalan dengan baik dan
terarah fitur yang digunakan fitur photo, Group WhatsApp, Video, Voice Note, dan
fitur teks. Kemudahan dirasakan dengan kehadiran fitur WhatsApp dan juga
penggunaannya yang mudah serta dapat digunakan berbagai kalangan.2) Efisiensi
mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII SMPN 8 Palopo dengan
menggunakan WhatsApp sebagai media pembelajaran dimasa pandemi yaitu
metode dan evaluasi yang dilakukan guru dalam memberdayakan WhatsApp
sudah sesuai dan tepat, karena kegunaan WhatsApp sebagai sarana pengiriman
tugas dari guru kesiswa dari segi waktu tidak terlalu lama tugas sekolah dapat
dikirim dengan mudah dan segera diterima oleh guru dan dari segi biaya tidak
boros karena menggunakan kuota internet sedikit. Berdasarkan indikator hasil
pengamatan dan data dari siswa kelas VIII SMPN 8 Palopo, dari 8 indikator
kategori cukup efisien 4 indikator, 2 indikator tidak efisien dan 2 indikator sangat
efisien. Jadi dapat simpulkan bahwa respon siswa terhadap WhatsApp sebagai
media pembelajaran Pendidikan Agama Islam cukup efisien.
Kata kunci: Efisiensi, Media WhatsApp, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 13 Nov 2023 01:23
Last Modified: 14 Nov 2023 01:42
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7837

Actions (login required)

View Item View Item